Umat Islam, Ini 7 Manfaat Salat Tahajud

Avatar of PortalMadura.com
Umat Islam, Ini 7 Manfaat Salat Tahajud
Ilustrasi (Dream.co.id)

PortalMadura.Com – Salah satu ibadah sunah yang dikerjakan pada waktu malam hari yaitu . Waktunya mulai sesudah salat isya hingga menjelang subuh. Lebih utama yaitu di sepertiga malam terakhir atau menjelang waktu salat subuh.

Dalam Islam, salat tahajud harus dikerjakan setelah bangun tidur. Selain itu, ada beberapa manfaat yang akan dirasakan umat muslim jika melaksanakan salat tahajud. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman merdeka.com, berikut penjelasannya:

Mengangkat Derajat

Setiap muslim yang mengamalkan salat tahajud, maka drajatnya akan diangkat oleh Allah SWT. Sebagaimana Allah berfirman: “Dan pada sebagian malam, dirikanlah salat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra:79).

Menentramkan Hati dan Pikiran

Bagi Anda yang sering mengalami gelisah serta pikiran tidak tenang, sebaiknya melaksanakan salat tahajud. Pasalnya melakukan salat tahajud di waktu sepertiga malam dapat menentramkan hati dan pikiran.

Sebagaimana Rasulullah bersabda dalam sebuah hadis: “Apabila ia terbangun dan menyebut nama Allah, terurailah satu simpul. Lalu apabila ia berwudu, terurailah satu simpul lagi. Kemudian apabila ia salat, terurailah simpul yang terakhir. Maka ia di pagi hari dalam keadaan segar dan bersih jiwanya.” (HR. Muttafaqun'alaih).

Doa Akan Dikabulkan Allah SWT

Melaksanakan salat tahajud di sepertiga malam adalah waktu yang tepat untuk berdoa. Di tengah keheningan malam, membuat setiap muslim lebih khusyuk dalam berdoa. Sehingga diyakini doa akan mudah dikabulkan.

Rasulullah dalam sebuah hadis bersabda: “Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.” (HR. Muslim no. 757).

Menjaga Kesehatan Rohani

Melaksanakan salat tahajud yang dilakukan secara istiqamah juga dapat menjaga kesehatan rohani. Sehingga hal ini dapat menghindarkan Anda dari gangguan mental.

Pasalnya seseorang yang selalu mengerjakan salat tahajud akan merasakan ketentraman dan ketenangan jiwa.

Allah SWT telah berfirman: “Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang ialah orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang-orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al- Furqan:63-64).

Jembatan Masuk Surga

Salat malam merupakan sebaik-baiknya salat fardu. Sehingga salat tahajud diyakini setiap muslim dapat menjadi jembatan masuk surga.

Sebagaimana Rasulullah bersabda: “Wahai kalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan, dan salatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam, niscaya engaku akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

Menjaga Kesehatan Pernapasan

Salat tahajud juga memiliki manfaat untuk kesehatan jasmani, salah satunya dapat mencegah infeksi pernapasan. Salat tahajud bisa menjadi terapi untuk setiap muslim yang memiliki masalah dengan pernapasan. Selain itu, salat tahajud juga efektif untuk menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

lainnya ialah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki kekebalan tubuh lemah, maka dapat dengan mudah terserang penyakit.

Sebaliknya, orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat maka akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.