Umat Islam, Ini 7 Tingkatan Surga dan Neraka

Avatar of PortalMadura.com
Umat Islam, Ini 7 Tingkatan Surga dan Neraka
Ilustrasi (Islam NU Online)

PortalMadura.Com dan merupakan tempat hamba yang taat menjalani segala perintahNya dan melakukan laranganNya. Manusia diberi akal oleh Allah untuk menentukan hidupnya, apakah memilih jalan surga atau neraka.

Ada beberapa tingkatan surga maupun neraka yang perlu diketahui. Selain itu, Anda juga perlu tahu golongan orang yang akan menghuni surga atau neraka. Penasaran? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut ini penjelasannya:

Surga Al Jannah

Makna jannah yaitu sebuah tempat yang terkumpul di dalamnya seluruh jenis kenikmatan, kelezatan, keindahan, kesenangan. Banyaknya kebun-kebun dengan pohon berbuah, dan di dalamnya tidak ada lalat satu ekor pun yang berarti sangatlah bersih.

Darussalam

Seperti dalam Surah Quran Al An'am ayat 127: “Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan.” Dalam Surah Al Yunus ayat 25 juga disebutkan:“Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (surga), dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus (Islam).”

Darul Khuld

Artinya lampung kekekalan Allah berfirman dalam Surah Qaf ayat 34: “Masukilah surga itu dengan aman, itulah hari kekekalan. Di mana pemberian di dalam surga tidak pernah habis, tidak akan ada musim di surga. Maka akan terus diberi, tidak pernah terputus, tidak pernah terlarang.”

Darul Muqamah

Siapapun yang tinggal di Surga Darul Muqamah tidak pernah capek dan letih. Dalam Surah Fatir ayat 35 tertulis: “Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu.”

Jannatul Maqwa

Allah berfirman dalam Surah An Najm ayat 15: “Di dekatnya ada surga tempat tinggal (Surga Al Ma'wa)”

Surga Adn
Dalam Surah Luqman ayat 8 dijelaskan tentang surga Adn:“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan.”

Surga Firdaus

Inilah surga dengan tingkat derajat tertinggi. Nama surga ini pun diabadikan dalam surat Al-Kahfi ayat 107 yang berbunyi: “Sungguh, orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, untuk mereka disediakan surga Firdaus sebagai tempat tinggal.”

Berikut 7 Tingkatan Neraka
Annar (neraka) merupakan tempat di akhirat yang penuh dengan siksa, kesusahan, kesengsaraan dan berupa apa yang menyala-nyala lipat 70 derajat dari api neraka. Di dalam alquran banyak dijumpai kata-kata Annar (neraka). Diantaranya:

“Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami mereka itu penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.” (Q.S. Al-Baqarah:39). Berikut adalah tingkatan neraka yang disiapkan Allah SWT di akhirat nanti.

Jahannam

Allah berfirman dalan Surah An Naba' ayat 21: “Sesungguhnya neraka Jahannam itu (padanya) ada tempat pengintai.” Dalam Surah As Syura ayat 7, Allah berfirman: “Demikianlah Kami wahyukan kepadamu Al Quran dalam bahasa Arab, supaya kamu memberi peringatan kepada ummul Qura (penduduk Mekah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya serta memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak ada keraguan padanya. Segolongan masuk surga, dan segolongan masuk Jahannam.”

Al Jahim

Neraka ini dihuni oleh orang-orang musyrik yang menyekutukan Allah SWT. Bahkan, orang-orang musyrik ini percaya bahwa ada Tuhan lain yang harus diimani selain Allah. Ini disebut lewat surat Asy-Syu'ara' ayat 91: Wa burrizatil Jahiimu lilghaawiin.

Mengapa dinamai Al-Jahim? Ibnu Faris menjelaskan, huruf jim, ha', dan mim pada Al Jahim, memiliki sifat yang kuat dan panas. Jadi, Neraka tersebut adalah tempat yang keras dan panas sehingga disebutlah Al Jahim.

As Sa'ir

Neraka Sa'ir diperuntukkan bagi orang-orang yang mengingkari kebesaran dan kekuasaan Allah. Neraka ini juga ditunjukkan bagi orang suka merampas atau memakan harta anak yatim, sedangkan Allah dan Rasul-Nya memerintahkan untuk mencintai dan mengasihi mereka.

Saqhor

Neraka Saqar menjadi tempat mengerikan. Jangan main-main atau menganggap remeh dengan hal ini. Bahkan Allah Ta'ala telah menjanjikan bakal menghanguskan kulit manusia. Namun menjadi pertanyaan Neraka Saqar disiapkan untuk golongan manusia seperti apa? Sebelum menjawabnya, apakah memang ada Neraka Saqar maka ini firman Allah Ta'ala: “(Al Qur'an) ini tidak lain hanyalah perkataan manusia. Aku akan memasukkannya ke dalam (neraka) Saqar. Tahukah kamu apa (neraka) Saqar itu? Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan. Yang menghanguskan kulit manusia. (Qs. Al – Muddatstsir : 25-29).

Al Huthamah

Dalam Surah Al Humazah ayat 4 tertulis: “Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah.”

Nama Neraka ini disebut dua kali dalam Alquran, tepatnya pada surat Al Humazah ayat 4-7 yang menerangkan tentang Neraka Al Hutamah. Dua ayat di dalamnya menyebut kata Al Hutamah.

“Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? (yaitu) api (disediakan) Allah yang dinyalakan, yang (naik) sampai ke hati.” (QS Al Humazah 4-7)

Allah SWT telah menjelaskan bahwa Neraka Huthamah adalah api Allah yang membara. Ibnu Faris memaparkan secara bahasa bahwa huruf ‘Ha', ‘Tha', dan ‘Mim' adalah satu asal, dan ini bentuk penghancuran sesuatu.

Disebut Hutamah karena untuk menghancurkan sesuatu menjadi beberapa bagian. “Api itu disebut sebagai api yang memecah-belah karena apa yang dikenainya akan hancur,” terang Ibnu Faris.

Al Hawiyah

Dalam Surah Al Qariah ayat 9, Allah berfirman: Fa ummuhụ hāwiyah Artinya: “Maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.”

Nama ini disebutkan satu kali dalam Alquran, yaitu pada surat Al Qariah tepatnya pada ayat 8-11. “Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas.”

Neraka Al Ladzha, yang disebutkan dalam Alquran pada surat Al Maarij ayat 15-16. “ Sekali-kali tidak dapat, sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergolak, yang mengelupas kulit kepala.”

Al-Farahidi menjelaskan, Neraka satu ini adalah nyala api yang murni. Panas pada api neraka ini terlihat seolah-olah terbakar.

Bahkan, Ibnu Mandzhur Al-Ifriqi mengatakan, neraka itu disebut demikian karena api di dalamnya adalah api yang paling ganas.

Neraka Sijjin

Ini berarti penjara, maknanya penghuni neraka akan dikurung di dalam penjara. Kata ini disebutkan dua kali dalam Alquran yaitu surat Al Muthaffifin 7-9:

“Sekali-kali jangan curang, karena sesungguhnya kitab orang yang durhaka tersimpan dalam Sijjin. Tahukah kamu apakah sijjin itu? (Ialah) kitab yang bertulis.”

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.