Umat Muslim, 4 Sifat Ini Tidak Bakal Disentuh Api Neraka

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, 4 Sifat Ini Tidak Bakal Disentuh Api Neraka
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kita sebagai orang muslim, wajib meneladani Rasulullah SAW yang memiliki akhlak mulia. Sebab, orang yang berakhlak mulia derajatnya sama dengan orang yang berpuasa dan mendirikan salat malam.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya orang yang berakhlah mulia sama derajatnya dengan orang yang berpuasa dan mendirikan shalat.” (HR. Ahmad)

Tidak melaknat dan mencaci maki, tidak pula mengadu domba dan menceritakan kejelekan orang lain, bersikap lemah lembut dan santun, sabar, dan suka mempermudah merupakan beberapa sifat-sifat yang memiliki berakhlak mulia.

Seperti yang dilansir islampos.com dikutip dari dalamislam, orang-orang yang memiliki sifat-sifat lemah lembut, tenang, suka mempermudah urusan, ramah, dan selalu ramah ketika bertemu saudaranya sesama muslim diharamkan baginya api neraka.

Dari Abdillah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Telah bersabda Rasulullah SAW: ‘Maukah kamu aku tunjukkan orang yang diharamkan neraka baginya?’ Para sahabat menjawab : Tentu saja, wahai Rasulullah!’ Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab : ‘(Haram tersentuh api neraka orang yang) Hayyin, Layyin, Qarib, Sahl!’ “(HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

Dengan demikian, ada beberapa sifat orang yang tak tersentuh api neraka berdasarkan hadis Rasulullah SAW adalah sebagai berikut.

Hayyin
Hayyin adalah orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan lahir dan batin. Orang-orang yang memiliki sifat seperti ini cenderung teduh jiwanya, tidak mudah memaki orang lain, dan tidak mudah melaknat orang lain.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Ada seorang laki-laki yang meminta wasiat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam : Wasiatilah saya!” Beliau bersabda : “Janganlah kamu marah!” Lelaki itu mengulanginya lagi, tetapi beliau tetap menjawab : “Janganlah kamu marah!” (HR. Bukhari)

Layyin
Sifat yang dimiliki oleh orang yang lembut dan santun, tutur kata maupun perbuatan selalu baik dan selalu menginginkan kebaikan untuk sesama manusia disebut layyin. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan teladan kepada kaum muslim untuk senantiasa bersikap lembah lembut dan santun kepada orang lain karena sifat ini termasuk salah satu tanda orang yang berakhlak mulia atau berbudi pekerti yang baik.

Baca Juga : Lantai Dua Swalayan Adirasa di Sumenep Terbakar

Qarib
Qarib adalah orang yang supel dan cepat dekat dengan siapa saja. Umumnya, orang memiliki sifat Qarib mudah akrab dengan orang lain, ramah, enak diajak bicara, murah senyum saat bertemu, tidak sinis atau galak terhadap orang lain.

Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah SAW bersabda kepada saya : Jangnlah sekali-kali meremehkan perbuatan baik, walaupun menyambut saudaramu dengan muka ceria.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sahl
Shal merupakan sifat orang yang tak tersentuh api neraka. Yang dimaksud dengan sahl adalah orang yang selalu memudahkan urusan orang lain atau sesama. Orang-orang seperti biasanya tidak ingin mempersulit orang lain serta siap sedia emberikan solusi bagi setiap permasalahan yang ada jika diminta.

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda, “Permudahlah dan jangan kalian mempersulit, gembirakan dan jangan kalian menakut-nakuti!” (HR. Muslim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.