oleh

Umat Muslim Harus Tahu, 5 Fakta Menarik Masjid Al Aqsa

PortalMadura.com – Selain di kenal dengan sebutan Masjid Al Aqsa, masjid ini juga sering dikenal dengan nama Baitul Maqdis, Bait Suci, bahkan ada pula yang menyebutnya dengan nama Al Haram Asy Syarif.

Masjid Aqsa adalah adalah salah satu masjid tertua yang ada di dunia, selain memiliki nilai sejarah Islam yang penting ternyata Masjid Al Aqsa juga memiliki beberapa fakta unik yang  jarang orang tahu. Sebagaimana dilansir dari Kompas.com, Selasa (25/5/2021) 5 fakta menarik tentang Masjid Al Aqsa yang harus Anda tahu adalah :

Tempat Suci Ketiga Setelah Makkah dan Madinah

Hal ini erat sekali kaitannya dengan peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad, dimana dalam peristiwa itu Rasulullah melakukan perjalanan dari masjidil Haram ke Masjidil Aqsha dan menuju Sidratul Muntaha dan menerima perintah shalat.

Masjid Al Aqsa Merupakan Kompleks Pemakaman

Berdasarkan beberapa tulisan sejarah yang terkenal di masyarakat, ternyata wilayah Al Haram Asy Syarif ini merupakan kompleks pemakaman para sahabat Nabi Muhammad.

Pernah dijadikan Tempat Limbah

Pada masa Kekaisar Romawi dari masa 41 M hingga 54 M pemerintah mengasingkan Yahudi karena kaum Yahudi selalu membuat kerusuhan dan Imbasnya Komplek suci Al Aqsa ini di jadikan sebagai tempat pembuatan limbah selama beberapa waktu.

Tempat Al Gazali Melahirkan Karya Legendarisnya

Seorang Filusuf, ulama dan tokoh muslim yang sangat populer hingga zaman ini mernah mendiami Masjid Al Aqsa selama beberapa tahun dan dari itu Beliau melahirkan sebuah karya yang fenomenal yaitu Ihya Ulumuddin atau kebangkitan ilmu-ilmu agama.

Pernah Rusak Terbakar

Kejadian ini terjadi pada tahun 1969, kebakaran dasyat ini membuat bagian tenggara Masjid Al Aqsa musnah dan bahkan mimbar Salahuddin yang ternamapun juga ikut hangus terbakar.

Itulah 5 fakta menarik dari Masjid Al Aqsa yang Umat Muslim harus tahu, sebenarnya masih banyak lagi fakta menarik lainnya. semoga bermanfaat.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Kompas.Com

Komentar