Umat Muslim, Ini 3 Cara Sikapi Musibah dan Masalah Dalam Islam

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, Ini 3 Cara Sikapi Musibah dan Masalah Dalam Islam
Ilustrasi (HalliIndo)

PortalMadura.Com – Semua manusia pasti diberi ujian oleh Allah SWT, hanya saja bentuk ujiannya berbeda-beda. Ada yang diberi kesenangan dunia atau malah datangnya dan .

Tidak semua musibah dan masalah itu tidak baik. Terkadang hal itu akan menyenangkan dan bermanfaat dikemudian hari. Seperti yang tercantum dalam surat Al-Baqarah: “Boleh jadi kalian membenci sesuatu, padahal sesuatu itu sangat baik buat kalian. Boleh jadi pula kalian menyukai sesuatu padahal sesuatu itu sangat tidak baik buat kalian,” (QS. Al – Baqarah [2]: 216).

Mendapat musibah dan masalah tentunya tidak diharapkan. Namun, ada beberapa yang perlu dilakukan umat muslim untuk menyikapi hal itu agar menjadi baik dikemudian hari. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com yang dikutip dari buku “Lewati Musibah Raih Kebahagiaan”, berikut penjelasannya:

1. Mengontrol emosi agar tidak mengumbar masalah sehingga terekesan yang bersangkutan tidak menerima ketetapan Allah. Karena dengan emosi banyak kejadian yang malah memperburuk keadaan bukan menyelesaikannya.

2. Mengambil pelajaran dari masalah yang diterima. Kita tidak bisa menyimpulkan suatu kejadian dengan satu alasan.

3. Bersikap kepala dingin dan mencari penyelesaian. Usaha kita untuk mengambil keputusan dengan kepala dingin dan penuh kearifan, pastilah akan menghasilkan hal terbaik pada waktunya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.