Umat Muslim, Ini 3 Kondisi yang Tidak Dianjurkan Saat Salat Tahiyatul Masjid

Avatar of PortalMadura.Com
Umat Muslim, Ini 3 Kondisi yang Tidak Dianjurkan Saat Salat Tahiyatul Masjid
ilustrasi

PortalMadura.Com – Dalam islam, salat ada dua kategori yaitu salat wajib dan salat sunah. Salat wajib berarti salat lima waktu yang diwajibkan mengerjakannya bagi orang yang sudah memenuhi syarat wajib salat. Sementara salat sunah adalah salat yang dianjurkan mengerjakannya dan tidak berdosa bila ditinggalkan.

Salah satunya salat sunah ada yang tidak dianjurkan berjamaah adalah salat tahiyatul masjid. Salat tahiyatul masjid dianjurkan pada saat masuk masjid dan belum duduk. Kalau sudah duduk, kesunahan mengerjakan tahiyatul masjid sudah tidak berlaku lagi.

Menurut Syekh Nawawi Al-Bantani, ada tiga kondisi yang tidak dianjurkan untuk mengerjakan shalat tahiyatul masjid. Ia mengatakan, “Salat tahiyatul masjid adalah salat dua rakaat sebelum duduk bagi orang yang masuk masjid dalam kondisi suci dan ingin duduk, serta tidak khawatir tertinggal salat berjamaah dan salat sunah rawatib. Salat tahiyatul masjid tidak disunahkan bagi khatib yang mau langsung khotbah, dan tidak disunahkan juga bagi orang yang masuk masjid pada khotbah terakhir, bisa dipastikan kalau mengerjakan tahiyatul masjid dulu salat Jumat bersama imam akan luput.”

Ada tiga kondisi yang tidak dianjurkan salat sunah tahiyatul masjid. Yang pertama, ketika salat berjamaah sudah mau dimulai. Misalnya, pada saat masuk masjid muazin sudah iqamah atau sebentar lagi penyelenggaraan salat berjamaah akan dimulai. Dalam situasi ini tidak dianjurkan untuk shalat tahiyatul masjid, karena bisa ketinggalan salat berjamaah.

Kedua, tidak dianjurkan juga salat tahiyatul masjid bagi khatib yang mau langsung naik mimbar untuk menyampaikan khotbah. Misalnya, waktu salat Jumat sudah masuk, dan khatib baru masuk masjid, maka bagi khatib tersebut lebih baik langsung khutbah daripada shalat tahiyatul masjid.

Dan yang ketiga, kalau kita terlambat datang ke masjid pada hari Jumat sementara khotbah Jumat sudah hampir selesai, dianjurkan juga bagi kita untuk tidak salat tahiyatul masjid. Karena kalau salat tahiyatul masjid, khawatirnya ketinggalan salat Jumat.(Islami.Co/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.