Umat Muslim, Ini 3 Larangan Waktu Mandi Menurut Islam

  • Bagikan
mandi
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mandi merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim dalam menjaga tubuh agar tetap bersih dan nyaman. Mandi tidak hanya berfungsi membersihkan tubuh dari kotoran, tapi juga menyegarkan badan setelah lelah beraktivitas. Sehingga, ketika beribadah pun dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu.

Sayangnya ada sebagian orang yang kurang memahami pentingnya mandi sehingga mereka enggan melakukannya dengan rutin. Dalam hadis yang menyebut “kebersihan sebagian daripada iman”. Yang artinya dengan menjaga kebersihan, sama artinya kita menjaga kesehatan dan juga keimanan.

Hukum mandi adalah wajib, yaitu apabila mengalami hal-hal yang mewajibkan mandi atau bernadzar untuk melakukan mandi sunah. Sunah, yaitu jika terdapat faktor yang menyebabkan mandi sunah.

Terdapat suatu kaidah untuk membedakan antara mandi wajib dan mandi sunah, yaitu setiap mandi yang faktor penyebab mandi tersebut mendahuluinya maka hukumnya wajib, sebagaimana mandi haid dan setiap mandi yang faktor penyebabnya terjadi setelahnya maka hukumnya adalah sunah.

Mandi adalah cara untuk membersihkan badan sekaligus dapat membuat badan kembali segar, namun ada 3 waktu menurut islam dan medis dimana kita dilarang untuk mandi. Selain memahami pentingnya mandi, ada satu hal lagi yang harus kita perhatikan, yakni waktu mandi. Ternyata ada beberapa waktu dimana kita dilarang mandi, karena dapat berisiko mengganggu kesehatan dalam jangka panjang.

30 Menit Setelah Solat Ashar
Pada waktu ini, kondisi darah dalam tubuh sedang panas, sehingga jika kita mandi, maka dapat mengakibatkan rasa lelah dan letih.

Setelah Maghrib
Mandi setelah maghrib juga termasuk dilarang, karena kondisi jantung pada saat itu mulai lemah. Selain itu, mandi pada saat itu juga meningkatkan risiko penyakit paru-paru basah.

Sesudah Isya’ hingga jam 12 malam
Sesudah isya’, merupakan waktu dimana jantung kita beristirahat. Mandi pada saat itu akan menyebabkan kerusakan jantung.

Itulah 3 waktu dimana kita dilarang mandi, karena tidak baik bagi kesehatan. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Nah, jika ada larangan waktu mandi karena dapat meningkatkan risiko penyakit, apakah kita masih mau mengambil risiko tersebut? Waktu yang dianjurkan mandi tentulah harus kita manfaatkan dengan baik, karena pasti mengandung manfaat tersendiri untuk tubuh. Semoga dengan pembahasan ini, dapat membuat kita bisa lebih menjaga kebersihan tubuh. Semoga bermanfaat.(Dalamislam.Com/Nurul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.