Umat Muslim, Ini 4 Cara Lebih Dekat dengan Alquran dalam Kehidupan Sehari-hari

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, Ini 4 Cara Lebih Dekat dengan Alquran dalam Kehidupan Sehari-hari
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagai yang beriman, tentu harus mengetahui dan meyakini adanya kitab-kitab Allah SWT seperti yang telah ada dalam rukun iman yang keempat. Terutama, yang menjadi penyempurna dari semua kitab yang menjadi pedoman hidup bagi umat islam. Umat muslim tahu bahwa membacanya saja akan mendapatkan pahala yang luar biasa apalagi bagi yang mengamalkan.

Namun pada kenyataannya, untuk menyisihkan waktu untuk membaca Alquran terkadang kita masih sulit. Karena terlarut dalam rutinitas keseharian, Alquran menjadi sering terlupakan.

Padahal, tahukah Anda bahwa tanda-tanda Allah merindukan umatnya yaitu salah satunya dengan bangun di tengah malam. Lantas, bagaimana caranya agar lebih mudah jadi lebih dekat dengan Alquran? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Membaca Alquran memang membutuhkan waktu yang khusus dan bebas gangguan. Hal tersebut bertujuan agar ketika membaca Alquran dapat dengan khidmat, tenang, dan dapat merasakan kehadirannya di hati. Selain itu, kita juga bisa mempelajari arti dari ayat-ayat yang dibaca tersebut. Tidak hanya itu saja, membaca Alquran juga bisa menjadi momen yang tepat untuk refleksi diri, membersihkan pikiran dari kebisingan, dan kekacauan kehidupan sehari-hari.

Masa yang tepat untuk membaca Alquran sebenarnya bisa kapan saja. Namun, dianjurkan untuk membacanya pada pagi hari atau larut malam. Sebab, hal tersebut bisa memberikan ketenangan dan kedamaian yang sangat dibutuhkan. Berikut beberapa cara mendekatkan diri dengan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Melibatkan Alquran dalam Kegiatan
Membawa Alquran baik bentuk cetakan buku atau dalam perangkat aplikasi pada ponsel mampu menyibukkan Anda dengan terus mengingat Allah. Isi telinga dengan bacaan-bacaan Alquran lewat audio dalam pemutar mp3 di handphone atau pemutar musik yang Anda punya.

Menggunakan indra yang berbeda akan membuat pengalaman mendekatkan Alquran lebih bermakna. Cara seperti ini bisa dilakukan saat memasak, bepergian, atau ketika sendirian daripada mendengarkan atau terganggu dengan pikiran atau kegiatan negatif.

Mengajak Orang-orang Sekitar
Setelah dimulai dari diri sendiri, cobalah untuk mengajak orang-orang terdekat dalam keluarga, mulai dari pasangan (suami atau istri), dan anak-anak. Libatkan pasangan dan anak-anak saat berkumpul di rumah. Anda pun dapat saling mendengarkan lantunan bacaan Alquran, dan saling mengoreksi jika ada tajwid yang sekiranya salah.

Jaga Alquran Tetap Dekat
Setelah dimulai janganlah berpikir untuk menghentikan kebiasaan membaca Al Quran secara rutin ini. Jaga Al Quran tetap berada dekat dengan Anda. Ada banyak caranya, mulai dari yang konvensional seperti membawa cetakan Al Quran, memiliki aplikasinya di ponsel, mengisi pemutar mp3 dengan audio pembacaan surat-surat Alquran, atau tadarus, dan saling mendengarkan.

Membuka Hati
Alquran adalah hadiah bagi umat Muslim sebagai pedoman untuk menuju jalan damai yang Allah ridoi, bukan jalan yang Allah murkai. Di sisi lain manusia kerap mendambakan kehidupan yang damai, tapi justru terlarut dalam kesibukan.

Ketika Anda membuka hati untuk menemukan petunjuk dan bimbingan melalui ayat-ayat Alquran, Anda harus ingat Alquran adalah sumber panduan bagi umat manusia. Satukan tujuan hidup bersama Alquran dan cara memenuhinya. Semoga Bermanfaat. (okezone.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.