Umat Muslim, Ini 5 Cara Mudah Mendekatkan Diri dengan Baca Alquran Setiap Hari

Avatar of PortalMadura.Com
Umat Muslim, Ini 5 Cara Mudah Mendekatkan Diri dengan Baca Alquran Setiap Hari
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagai umat muslim diberi kitab suci Alquran untuk dijadikan pedoman dan petunjuk dalam hidup. Setiap umat tentu sudah mengetahui bahwa mempercayai kitab-kitab Allah, salah satunya Alquran termasuk dalam rukun iman yang ke empat, artinya setiap umat beragama islam harus meyakini dan percaya Allah yang telah menurunkan Alquran yang berisi petunjuk dan pedoman agar hidup tidak tersesat.

Meskipun telah banyak yang mengetahui dan mengimaninya, manusia kerap merasa sulit untuk menyisihkan waktu membaca Alquran. Terlarut dalam rutinitas keseharian, Alquran jadi sering terlupakan. Padahal, tanda-tanda Allah merindukan umat, salah satunya dengan membangunkan kita di tengah malam, yang kerap tidak dimengerti oleh kebanyakan manusia.

Lantas, bagaimana caranya agar lebih mudah jadi lebih dekat dengan Alquran?. Berikut ini 5 cara mudah mendekatkan diri dengan Alquran dalam kegiatan sehari-hari.

Menyediakan waktu khusus
Penting untuk memiliki waktu khusus dan bebas dari gangguan untuk membaca Alquran sehari-hari. Saat Anda membaca Al Quran dengan khidmat, tenang, dan merasakan kehadiran hati, serta dapat mempelajari arti dari ayat-ayat yang dibaca tersebut.

Waktu membaca Alquran bisa jadi momen yang tepat untuk refleksi diri, membersihkan pikiran dari kebisingan, dan kekacauan kehidupan sehari-hari. Akan tetapi dianjurkan untuk membacanya pada pagi hari atau larut malam, karena bisa memberikan ketenangan dan kedamaian yang sangat dibutuhkan.

Melibatkan Alquran dalam kegiatan
Membawa Alquran baik bentuk cetakan buku atau dalam perangkat aplikasi pada ponsel mampu menyibukkan Anda dengan terus mengingat Allah.

Cara seperti ini bisa dilakukan saat memasak, bepergian, atau ketika sendirian daripada mendengarkan atau terganggu dengan pikiran atau kegiatan negatif.

Mengajak orang-orang sekitar
Setelah dimulai dari diri sendiri, cobalah untuk mengajak orang-orang terdekat dalam keluarga, mulai dari pasangan (suami atau istri), dan anak-anak. Anda pun dapat saling mendengarkan lantunan bacaan Alquran, dan saling mengoreksi jika ada tajwid yang sekiranya salah.

Jaga Alquran tetap dekat
Jaga Alquran tetap berada dekat dengan Anda. Setelah dimulai, janganlah berpikir untuk menghentikan kebiasaan membaca Alquran secara rutin. Ada banyak caranya, mulai dari yang konvensional seperti membawa cetakan Alquran, memiliki aplikasinya di ponsel, mengisi pemutar mp3 dengan audio pembacaan surat-surat Alquran, atau tadarus, dan saling mendengarkan.

Membuka Hati
Hadiah bagi umat muslim sebagai pedoman untuk menuju jalan damai yang Allah ridhoi, bukan jalan yang Allah murkai adalah Alquran. Di sisi lain manusia kerap mendambakan kehidupan yang damai, tapi justru terlarut dalam kesibukan.

Ketika Anda membuka hati untuk menemukan petunjuk dan bimbingan melalui ayat-ayat Alquran, Anda harus ingat bahwa Alquran adalah sumber panduan bagi umat manusia. Satukan tujuan hidup bersama Alquran dan cara memenuhinya. Semoga bermanfaat.(Okezone.Com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.