oleh

Umat Muslim, Ini 5 Cara Mudah Persiapkan Ibadah Puasa

PortalMadura.Com – Ibadah puasa kini tinggal hitungan hari. Umat muslim tentu perlu melakukan persiapan agar ibadah puasa yang dijalankannya lebih bermakna.

Sebagaimana menurut seorang ahli nutrisi, Desi Nur Arista, sebenarnya ada beberapa cara yang perlu dilakukan umat muslim sebelum menjalankan ibadah puasa. Apa sajakah itu?.

Berikut lima cara mempersiapkan ibadah puasa:

Makan Lebih Banyak
“Tubuh perlu dilatih satu atau dua minggu sebelumnya dengan porsi makan sedikit lebih banyak,” ungkap Desi.

Saat puasa, jadwal makan diubah menjadi dua kali saja. Oleh karena persiapan jelang puasa, tubuh dilatih untuk makan sedikit lebih banyak. Menurutnya dengan makan sedikit lebih banyak, kebutuhan kalori Anda tetap terpenuhi.

Berlatih Mengurangi Durasi Makan
Anda perlu membatasi durasi makan dan minum setidaknya satu minggu sebelum puasa. Hal ini melatih tubuh agar tidak “kaget” saat menjalani puasa. Pasalnya, Anda sudah berlatih mengurangi durasi makan dan minum.

Tahan Diri untuk Snacking
“Kalau kita suka ngemil makanan ringan, cokelat, atau gorengan perlu dibatasi. Kecuali kita snacking makanan sehat, seperti sayuran masih oke,” terang Desi.

Lebih baik, ganti camilan Anda dengan asupan berserat dan kaya akan vitamin.

Tetap Sibuk
Bagi orang yang memiliki kebiasaan memikirkan makanan terus-terusan hampir tiap waktu, ada baiknya membatasi kebiasaan tersebut.

Desi menyarankan untuk mengalihkan pikiran Anda dengan mencari kesibukan tiap saat.

Konsumsi Makanan Bergizi
Meskipun menjelang puasa, bukan berarti Anda menghabiskan jam makan dengan asupan tinggi kalori dan makanan lezat. Anda perlu memoderasi makanan dan tetap berpatokan pada asupan gizi seimbang dengan mengombinasikann variasi buah dan sayur.

Nah, itulah lima cara yang perlu dipersiapkan umat muslim menjelang puasa. (okezone.com/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar