Umat Muslim, Ini 5 Kejadian Bersejarah di Bulan Rajab yang Perlu Anda Ketahui

Bulan rajab
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Dalam kalender islam, bulan rajab merupakan bulan ketujuh. Selain itu, juga menjadi salah satu bulan suci yang penuh rahmat dan kedamaian. Oleh karena itu, sangat diharamkan peperangan terjadi di bulan ini.

Ternyata pada bulan rajab, ada beberapa peristiwa luar biasa yang terjadi. Dan sebagai umat Islam Anda wajib mengetahuinya. Apa saja?.

Berikut penjelasannya:

Isra’ Mi’raj
Isra’ Mi’raj merupakan salah satu mukjizat Nabi Muhammad SAW. Isra’ Mi’raj merupakan perjalanan selama satu malam yang dilakukan oleh Rasulullah ke langit, yang diawali dengan berangkatnya beliau bersama malaikat Jibril dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa. Kemudian beliau dinaikkan ke atas langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi dilangit. Selama perjalanan ke sana, nabi melihat surga dan neraka. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 27 Rajab.

Baca Juga:  Dalam Islam, Ini 3 Jenis Nafkah Suami Terhadap Istri

Allah SWT Mewajibkan Salat Lima Waktu
Pada peristiwa Isra’ Mi’raj Rasulullah SAW juga mendapat perintah dari Allah SWT untuk mengerjakan sholat lima waktu untuk pertama kalinya. Salat merupakan untaian doa yang dilakukan dalam mencapai ketenangan hati dan jiwa serta menyeimbangkan antara kehidupan di dunia dan akhirat.

Perang Tabuk
Pada bulan Rajab Rasulullah SAW memenangi perang tabuk antara tentara Romawi yang terjadi 9 Hijriyah atau 630 m. Ketika perang tersebut pasukan muslim terdiri dari 30 ribu orang dan menempuh perjalanan yang jauh dari Madinah menuju Syam. Karena banyaknya tentara Muslim Bangsa Romawi mundur. Dengan begitu umat Muslim dapat memenangi perang tabuk.

Pembebasan Baitul Maqdis Palestina
Penaklukan Salahuddin al Ayyubi di Alquds terjadi pada tanggal 2 oktober 1186 bertepatan dengan 27 Rajab tahun 583 H. Salahuddin berhasil mengalahkan pasukan salib yang menduduki tanah suci selama berpuluh tahun. Atas bantuan dari Allah SWT, Salahuddin dan tentara muslim dapat mengambil kembali kota suci yaitu Baitul Maqdis.

Baca Juga:  Ziarah Makam Raja Joharsari, Baca Surah Ini Agar Allah Cepat Kabulkan Hajatnya

Berakhirnya Masa Kekhalifahan
Selain peristiwa di atas, pada bulan Rajab semua ke khalifahan dimuka bumi ini berakhir. Tepatnya pada tanggal 28 Rajab tahun 1342 M. Hal ini ditandai dengan jatuh dan berakhirnya pemerintahan Ottaman yang berada di Turki. Hal ini dikarenakan Presiden Mustafa Kemal Attaturk menghapus semua syariah Islam dan mengganti hukum-hukum Islam dengan paham hukum barat. Serta menetapkan paham sekuler pada negara tersebut. (okezone.com/Desy)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.