Umat Muslim, Ini 5 Keutamaan Surat Ali Imran

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, Ini 5 Keutamaan Surat Ali Imran
Ilustrasi (Dream.co.id)

PortalMadura.Com – Salah satu surat dalam Alquran yang diturunkan di Madinah yaitu . Isi didalamnya yaitu kisah tentang keluarga Imran dan hukum syariat Islam. Selain itu, menjelaskan perkara yang disembunyikan oleh Ahli Kitab seperti kelahiran Nabi Isa ‘alaihis salam, kedatangan Rasulullah SAW, perang Uhud dan Badar serta penjelasan tentang keimanan.

Ada beberapa keutamaan dari surat Ali Imran yang perlu umat Islam ketahui. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut ini penjelasannya:

Disifati Orang Kaya

Dari sahabat Abdullah bin Mas'ud radhiallahu ‘anhu: “Barangsiapa membaca surat Ali ‘Imran maka ia adalah orang kaya, sedangkan jika ia seorang perempuan maka ia adalah orang yang berhias. Abu Muhammad berkata; Muhabbirah berarti perempuan yang berhias. (HR. Ad-Darimi No. 3261)

Ditulis Pahala Salat Malam

Dari sahabat Utsman bin Affan radhiallahu ‘anhu: “Barangsiapa yang membaca akhir surat Ali ‘Imran pada malam hari, maka ditulis baginya pahala salat malam”. (HR. Ad-Darimi No. 3262).

Didoakan Malaikat

Barangsiapa yang membaca surat Ali Imran pada hari Jumat, maka para Malaikat mendoakan untuknya sampai tiba malam hari. (HR. Ad-Darimi No. 3263).

Sebaik-baik Perbendaharaan

Sebaik-baik perbendaharaan orang fakir adalah surat Ali Imran yang ia baca ketika melakukan salat di akhir malam. (HR. Ad-Darimi No. 3264).

Obat Bagi Penyakit Gila

Telah menceritakan kepada kami (Muhammad bin Sa'id) telah menceritakan kepada kami (Abdus Salam) dari (Al Jurairi) dari (Abu As Salil) ia berkata, ada seseorang terluka mengeluarkan darah. Ia melanjutkan, lalu orang itu singgah di lembah Majannah, sebuah lembah yang tidak seorang pun berada di waktu sore kecuali menjadi gila, sementara di tepi lembah ada dua orang pendeta. Ketika orang itu berada di waktu sore, salah seorang pendeta berkata kepada temannya

‘Demi Allah, celakalah orang itu'. Ia melanjutkan: Lalu orang itu membaca awal surat Ali Imran, maka kedua pendeta itu berkata ‘Ia telah membaca sebuah surat yang baik, semoga ia selamat. Ia berkata lagi ‘Maka selamatlah orang itu'. (Abu Muhammad) berkata; Abu As Salil adalah Dluraib bin Nuqair. (HR. Ad-Darimi No. 3265). Wallahu A'lam Bisshowab.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.