Umat Muslim, Ini 6 Karakter Lebah yang Perlu Anda Tiru

Avatar of PortalMadura.Com
Umat Muslim, Ini 6 Karakter Lebah yang Perlu Anda Tiru
ilustrasi

PortalMadura.Com – Lebah merupakan salah satu hewan istimewa karena tercantum di dalam Alquran. Hewan serangga ini memiliki bulu dan bersayap empat serta hidup dari madu kembang.

Selain itu, Allah memberi kemampuan pada lebah untuk memakan berbagai jenis buah-buahan dan untuk menempuh jalan-jalan yang dimudahkan Allah baginya sesuai dengan kemauannya, baik di udara, darat, lembah maupun dipegunungan, lalu kembali kesarangnya tanpa tersesat.

Rasulullah bersabda: “Perumpamaan orang beriman itu bagaikan lebah. Ia makan yang bersih, mengeluarkan sesuatu yang bersih, hinggap di tempat yang bersih, dan tidak merusak atau mematahkan (yang dihinggapinya),” (HR Ahmad, al-Hakim, dan al-Bazzar).

Hal ini tentu ada keistimewaan yang dimiliki hewan kecil bernama lebah ini, hingga Rasulullah menjadikannya inspirasi bagi seorang mukmin. Bahkan, Allah mengabadikan namanya pada salah satu surah ke-16 dalam Alquran, yakni an-Nahl.

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia,” (16: 68).

Oleh karena itu, seorang mukmin haruslah memiliki sifat-sifat unggul dan istimewa dibandingkan dengan manusia lain. Sehingga, kehadirannya diharapkan bisa selalu membawa manfaat dan maslahat bagi manusia lain. Sebagaimana lebah yang bisa memberikan manfaat dengan madunya.

Seperti dijelaskan Rasulullah: “Manusia paling baik adalah yang paling banyak memberikan manfaat bagi manusia lain”.

Berikut enam  yang mengandung hikmah untuk diambil manfaatnya oleh umat muslim:

Hinggap di Tempat yang Bersih dan Menyerap hanya yang Bersih
Lebah hanya akan mendatangi bunga-bunga atau buah-buahan dan tempat-tempat bersih lain yang mengandung bahan madu atau nektar. Begitu pula sifat seorang mukmin, haruslah mencari dan makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di muka bumi dan janganlah mengikuti langkah-langkah setan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.