Umat Muslim, Ini Beberapa Istilah Salat yang Harus Kamu Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Umat Muslim, Ini Beberapa Istilah Salat yang Harus Kamu Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Umat muslim, seperti yang kita ketahui, merupakan kewajiban yang sangat utama untuk dilakukan, amalan serta ibadah yang pertama yang nantinya akan di hisab.

Namun karena kita yang hanya makhluk yang bernama manusia yang memang tempatnya salah dan dosa, seringkali kita melalaikannya, menunda, memilih pekerjaan dibanding melaksanakan, memilih maksiat atau sesuatu yang karena malas atau sebab yang tak penting lainnya.

Dari sinilah kemudian muncul istilah ada', qadha', dan i'adah.

Dalam pengertian salat ada' diartikan dengan menjalankan salat dalam batas waktu yang telah ditentukan. Termasuk dalam ada' menurut Madzhab Hanafiyyah apabila seseorang mendapatkan kira-kira sekedar takhbiratul ihram di akhir waktu salat. Sementara Syafi'iyah berpendapat bahwa seseorang itu salat ada' apabila mendapatkan satu rakaat sebelum berakhir waktunya.

Sedangkan qadha' diartikan dengan melaksanakan salat di luar waktu yang ditentukan sebagai pengganti saalat yang ditinggalkan karena unsur kesengajaan, lupa, memungkinkan atau tidak memungkinkan dalam pelaksanaan salat tersebut.

Ditinjau dari sisi hukum, sebenarnya antara qadha' dan ada' adalah sama, yaitu sama-sama wajib sebagaimana diungkapkan al-Imam Abu Hamid bin Muhammad bin Muhammad al-Ghazali dalam kitabnya Fawatikhu rakhamut bahwa kewajiban itu ada dua yaitu ada' dan qadha'. Hanya saja pelaksanaan dan nilainya yang berbeda. yang satu dilaksanakan tepat waktu, satu yang lain tidak, sehingga berdosa. Tetapi terlepas dari berdosa atau tidak, qadha' adalah tindakan indisipliner yang akan mengurangi nilai seorang hamba dengan Tuhannya.

Lalu bagaimana dengan i'adah?

Menurut istilah para fuqaha, i'adah diartikan dengan menjalankan salat yang sama untuk keduakalinya pada waktunya atau tidak. Karena dalam salat yang pertama terdapat cacat atau karena ada salat kedua yang lebih tinggi tingkat afdhaliyahnya.

Salat i'adah ada yang wajib, tidak wajib dan sunnah. I'adah yang wajib diantaranya apabila seseorang tidak menemukan atau memiliki sesuatu yang mensucikan untuk bersuci (air, debu), dalam kondisi waktu yang terbatas, ia tetap wajib salat meski tidak bersuci dan kemudian wajib i'adah pada waktu yang lain setelah mendapatkan sesuatu yang bisa dipergunakan untuk bersuci. Hal ini mengingat bersuci adalah syarat salat. (Fawatikhu Rakhamut: I, 36, al-Majmu': 3, 132).

Contoh lain apabila seseorang salat tidak menghadap kiblat meskipun telah berijtihad kecuali ijtihad itu dengan melaksanakan salat ke empat arah. (al-Majmu': III, 304). Begitu pula dengan seseorang yang melaksanakan salat tanpa mengetahui waktu, maka wajib i'adah sebagaimana disampaikan qadhi Abu Thoyyib dan Abu Hamid al-Ghazali.

Adapun yang tidak wajib I'adah seperti seseorang yang salat tanpa menutup sebagian atau seluruh aurat karena memang tidak punya sama sekali. Sedangkan yang sunnah i'adah adalah apabila ada salat kedua yang lebih afdhal, seperti orang yang sudah salat sendirian atau berjamaah. kemudian dalam waktu yang tidak lama ada jamaah yang lebih banyak, maka ia disunnahkan i'adah mengikuti jamaah yang kedua.

Dengan demikian, salat i'adah tidaklah seperti salat ada' atau qadha'. Pertama, i'adah tidak berfungsi menggantikan salat sebelumnya, karena pada prinsipnya salat yang pertama adalah salat yang sah. Kedua, i'adah ada yang wajib, tidak wajib, dan ada yang sunnah. Hal ini tidak seperti ada' dan qadha' yang keduanya sama-sama wajib. Ketiga, salat i'adah yang belum dilaksanakan, karena pelakunya keburu meninggal dunia, misalnya, maka si mayit tadi tidak akan dituntut seperti qadha' yang belum dilaksanakan.

Itulah beberapa Istilah Salat yang harus kita ketahui sebagai umat muslim. Semoga bermanfaat. (islami.co/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.