oleh

Umat Muslim, Ini Benda-benda Peninggalan Rasulullah yang Harus Anda Ketahui

PortalMadura.Com – Sebagai umat Islam, tentu Anda pernah mendengar kisah atau cerita tentang perjuangan dari Rasullulah dan para sahabat semasa hidup. Unik dan faktanya, benda-benda pusaka peninggalan Rasulullah masih tersimpan rapi di sebuah museum di Istanbul.

Beberapa peninggalan Rasulullah tersebut berupa jubah hingga pedang untuk berperang. Benda pusaka tersebut bisa dijumpai di Museum Kopkapi, dan tersimpan apik di ruangan khusus bernama ‘Pavilion of Holy Mantle dan Holy Relics‘.

Nah, berikut ini benda-benda pusaka peninggalan Rasulullah yang pasti bikin hati bergetar jika melihatnya:

Jubah
Barang utama yang ada di dalam ruangan itu adalah jubah atau mantel peninggalan Rasulullah. Awalnya jubah ini belum ada di ruangan tersebut. Sempat dijaga oleh kaum Abbasiyah di Mesir, lalu karena adanya serangan oleh Usmaniyah pada tahun 1517, jubah milik beliau ini dipindahkan ke Istanbul.

Pedang
Benda ini adalah senjata yang sering digunakan oleh Rasulullah ketika melawan para musuhnya di beberapa tempat. Yang paling populer yaitu pedang Al Ma’thur, pedang yang dimiliki beliau sebelum menerima wahyu pertama di Mekah. Pedang ini merupakan pedang peninggalan dari ayah beliau. Dengan panjang sekitar 100 cm, pegangannya terbuat dari emas dan berbentuk dua kepala ular. Keberadaan pedang ini ada di Museum Topkapi, Istanbul.

Helai Janggut dan Patahan Gigi
Helai rambut Rasulullah dapat ditemui di dalam Museum Topkapi juga. Helaian ini merupakan helai janggut milik Rasulullah yang sudah tersimpan rapi. Kemudian, patahan gigi tersebut adalah gigi Rasulullah.

Patahan gigi ini merupakan patahan yang didapat ketika Perang Ubud pada 19 Maret 625. Patahan ini dapat dijumpai di museum yang sudah disebutkan sebelumnya.

Benda Pusaka Lainnya yang Dimiliki oleh Sahabat Rasulullah
Semasa hidupnya, mulai dari pedang milik kawanan beliau, penampang atau baki, tongkat, baju dan mantel, sajadah, jejak kaki, serta peti harta karun milik anak perempuan dari Rasulullah, yaitu Fatimah. Semua benda tersebut bisa Anda temui di Museum Topkapi, Istanbul. (okezone.com/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar