Umat Muslim, Ini Doa Saat Anda Tempati Rumah Baru Agar dapat Keberkahan

  • Bagikan
Membaca Alquran
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang pasti menginginkan rumah baru yang lebih baik dari sebelumnya. Karena dengan memiliki rumah, ada banyak harapan yang diinginkan agar membawa keberkahan bagi keluarga.

Jika ingin mendapatkan keberkahan bagi penghuninya, sebaiknya Anda membaca doa dan berzikir kepada Allah sebelum menempatinya. Pasalnya, dengan membaca doa akan membuat hati Anda menjadi lebih tentram dan damai. Sebab, Allah akan senantiasa menjaga dan melindungi penghuni yang tinggal di dalamnya.

Akan tetapi, banyak orang yang kurang memahami atau mengetahui doa yang akan dibacakan saat memasuki rumah baru. Lantas, doa seperti apa sebenarnya yang harus dibaca?. Berikut informasi selengkapnya:

Adapun bacaan dari doa tersebut ialah: “Masyaa-Allah, Laa Quwwata Illaa Billaah

Bacaan doa ini terdapat dalam firman Allah di surat Al-Kahfi, “Mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu “maasyaallaah, laa quwwata illaa billaah (sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Sekiranya kamu anggap aku lebih sedikit darimu dalam hal harta dan keturunan” (QS. Al-Kahfi: 39).

Ketika membahas ayat ini, Ibnul Qayim mengatakan bahwa:

Selayaknya bagi orang yang memasuki kebunnya, atau rumahnya, atau terheran terhadap harta dan keluarganya, hendaknya dia segera membaca kalimat ini. Karena dia tidak akan melihat sesuatu yang buruk terhadap nikmat itu” (Al-Wabilus Shayyib, hlm. 165).

Kemudian Ibnul Qayim membawakan riwayat dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda,

Jika Allah memberi kepada seorang hamba nikmat kebaikan terhadap keluarga, harta, atau anak, kemudian dia membaca: “masyaa-allah, laa quwwata illaa billaah” maka dia tidak akan melihat adanya cacat dalam nikmat selain kematian” (HR. At-Thabrani dalam Al-Ausath 6/126, dishahihkan Ibnul Qoyim dalam Syifa Al-Alil 1/182, dan didhaifkan Al-Albani dalam Ad-Dhaifah).

Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhuma, Rasulullah bersabda:

Apabila ada orang yang masuk rumah, kemudian dia mengingat Allah ketika masuk, dan ketika makan, maka setan akan mengatakan (kepada temannya): ‘Tidak ada tempat menginap dan tidak ada makan malam.’ Tapi apabila dia tidak mengingat Allah (bismillah dan jangan lupa ucapkan salam) ketika masuk, maka setan mengatakan: ‘Kalian mendapatkan tempat menginap’,” (HR. Muslim 2018, Abu Daud 3765 dan yang lainnya).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.