Umat Muslim, Ini Panduan Mudik Ala Islam yang Harus Diketahui

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, Ini Panduan Mudik Ala Islam yang Harus Diketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada hakikatnya, Islam merupakan salah satu agama yang ajarannya mudah dengan perintah dan larangannya yang juga mudah sesuai dengan fitrah manusia. Tidak ada satu kewajiban atau larangan dalam Islam yang memberatkan manusia.

Sebagaimana Allah SWT berfirman: “Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu,” (QS Al-Baqarah 185).

Dan dalam kondisi-kondisi tertentu Islam memberikan keringanan dalam pelaksanaan ibadah. Bagi orang yang sakit dan musafir banyak diberikan kemudahan dalam Islam. Orang yang sedang melakukan safar (perjalanan), termasuk mudik pulang kampung halaman saat lebaran adalah orang yang mendapat rukhsoh (keringanan).

Di antara kemudahan yang diberikan Islam, yaitu pada saat melaksanakan salat wajib. Keringanan salat saat safar di antaranya dengan cara dibolehkan meng-qasar (mengurangi rakaat salat) dan men-jamak (menggabung) salat, dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Mudik Lebaran dengan Balita

Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya Allah suka jika diambil keringanannya sebagaimana benci jika maksiat kepada-Nya, ” (HR Ahmad, Ibnu Hibban dan al-Baihaqi).

Berikut ini panduan ibadah bagi musafir (pemudik), terdiri dari:

1. Salat Jemaah

2. Salat bagi Musafir

3. Adab Safar

4. Doa Safar

Itulah panduan mudik, semoga umat Islam tetap istikamah dalam beribadah kepada Allah SWT walau mudik sekalipun. Karena Islam itu mudah dan memudahkan umatnya. Wallahu A’lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.