Umat Muslim, Ini Tanda Amalan Anda Selama Bulan Ramadan Diterima oleh Allah

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, Ini Tanda Amalan Anda Selama Bulan Ramadan Diterima oleh Allah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Setelah sebulan penuh berpuasa Ramadan dan menjalankan hal kebaikan mulai dari membaca Alquran, salat malam, berzikir dan bersedekah tentunya umat muslim memiliki harapan agar amalnya diterima oleh Allah SWT.

Tidak hanya itu, bahkan sebagian dari mereka mengharap balasan pahala yang sangat besar dari apa yang dilakukannya selama Ramadan. Perlu diketahui bahwa seorang muslim tidak boleh terlalu percaya diri dan yakin bahwa amal ibadahnya pasti diterima oleh Allah SWT. Sebab, bapak para Nabi pun yang gencar mendakwahkan tauhid yaitu Nabi Ibrahim alaihissalam tetap berdoa dan memohon agar amalnya diterima oleh Allah.

Memang tidak bisa diyakin dan diketahui pasti apakah amal ibadah seseorang secara umum dan khususnya di bulan Ramadan diterima atau tidak. Akan tetapi, suatu ibadah diterima atau tidak ada tandanya. Lantas, apa tandanya amalan di bulan Ramadan Diterima oleh Allah?

Tanda ibadah diterima yaitu dimudahkan untuk melakukan amal kebaikan selanjutnya dan Allah beri ia taufik agar istiqamah tetap bisa melaksanakan ibadah tersebut selanjutnnya.

Para ulama mengatakan, “Sesungguhnya diantara alamat diterimanya kebaikan adalah kebaikan selanjutnya”

Ibnu Rajab Al-Hambali mengatakan, “Membiasakan puasa setelah puasa Ramadan merupakan tanda diterimanya amal puasa di bulan Ramadan. Sesungguhnya Allah jika menerima suatu amal hamba, maka Allah beri ia taufik untuk melakukan amal saleh setelahnya”.

Lebih lanjut, Syaikh Shalih Al-Fauzan hafidzahullah berkata, “Diantara tanda diterimanya amal saleh di bulan Ramadan adalah keadaan seorang muslim setelahnya menjadi lebih baik daripada sebelum Ramadan, karena kebaikan akan mengajak kepada kebaikan (selanjutnya) dan amal saleh akan mengajak pada amal saleh lainnya”.

Salah satu sifat muslim yang baik adalah mereka ada rasa khawatir amal mereka tidak diterima oleh Allah. Sebagaimana dalam ayat berikut tentang orang yang telah memberikan tetapi malah takut. Allah berfirman,

Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut, (karena mereka tahu bahwa) sesungguhnya mereka akan kembali kepada Rabb mereka” (Al Mukminun: 60).

Aisyah bertanya kepada Rasulullah, “Apakah mereka orang-orang yang meminum khamr dan mencuri?” Maka rasulullah pun menjawab, ”Tidak wahai ’Aisyah. Mereka adalah orang-orang yang berpuasa, menegakkan salat dan bersedekah akan tetapi mereka merasa takut amalan yang telah mereka kerjakan tidak diterima di sisi Allah. Mereka itulah golongan yang senantiasa berlomba-lomba dalam mengerjakan kebajikan”.

Semoga Allah selalu menerima amal ibadah Anda. Oleh karena itu, sebaiknya setiap subuh/zikir pagi berdoa, “Ya Allah sesungguhnya saya memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amal yang diterima”. Wallahu A’lam. (islamidia.com/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.