Umat Muslim, Ini yang Harus dilakukan Saat Bermimpi Baik ataupun Buruk

Avatar of PortalMadura.com
bermimpi
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mimpi merupakan bunga tidur bagi manusia. Bagi sebagian orang tidak jarang mereka sering mengalami mimpi buruk atau terkadang juga mimpi yang baik.

Rasulullah SAW mengajarkan kita, bahwa ketika kita mengalami mimpi baik atau buruk ada beberapa hal yang harus dilakukan. Berikut penjelasannya.

Dari Abi Said Al-Khudri bahwasannya ia pernah mendengar Nabi SAW. bersabda, “Jika salah satu dari kalian bermimpi hal yang disukai, maka sungguh hal itu adalah dari Allah, maka hendaklah ia memuji kepada Allah atas mimpi itu, dan hendaklah ia menceritakannya. Dan jika (salah satu dari kalian) bermimpi selain itu, yakni hal yang ia tidak sukai, maka sungguh hal itu adalah dari setan, maka hendaklah ia meminta perlindungan dari kejelekan mimpi itu, dan tidak menceritakannya kepada seorang pun, meskipun tidak membahayakannya.” (HR. Al-Bukhari)

Dari Abi Qatadah, ia berkata, “Aku pernah mendengar Rasulullah SAW. bersabda, “Mimpi (yang baik) itu dari Allah, dan mimpi yang buruk itu dari setan. Jika salah satu dari kalian bermimpi sesuatu yang tidak disukai, maka meludahlah ke arah kiri tiga kali dan hendaklah ia minta perlindungan kepada Allah dari kejelekannya (mimpi itu) meskipun hal itu tidak membahayakannya.” (HR. Muslim)

Berdasarkan riwayat-riwayat tersebut, Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani di dalam kitabnya “Fathul Bari” menyimpulkan ada tiga hal yang harus dilakukan ketika kita bermimpi baik.

Pertama, memuji Allah SWT atas mimpi baik tersebut. Hal ini disebabkan karena sebagaimana disebutkan dalam hadis di atas, Rasulullah SAW. mengatakan mimpi yang baik itu dari Allah SWT maka sudah sepatutnya kita mensyukuri nikmat tersebut dengan memuji-Nya.

Kedua, bergembira dengan mimpi itu. Selain memuji Allah SWT. dengan mengucapkan “Alhamdulillah”, kita juga dianjurkan untuk bergembira dengan mimpi yang telah kita dapatkan saat kita tidur.

Ketiga, menceritakan atau membicarakan mimpi itu. Mimpi yang indah tidak hanya dapat kita nikmati sensasinya sendiri dengan mengucapkan syukur dan bergembira atasnya. Tetapi, kita juga diperbolehkan Nabi SAW. untuk menceritakan atau membicarakan mimpi baik kita.

Sementara jika kita mendapat mimpi buruk, berdasarkan riwayat-riwayat tersebut, Imam Ibnu Hajar menyimpulkan ada empat hal yang dapat kita lakukan.

Pertama, meminta perlindungan kepada Allah SWT dari keburukan mimpi itu sendiri.

Kedua, meminta perlindungan kepada Allah SWT. dari kejahatan setan.

Ketiga, meniupkan (meludah tanpa mengeluarkan ludah) dari arah kiri kita tiga kali.

Keempat, tidak menceritakannya kepada siapapun.

Itulah beberapa hal yang dapat kita lakukan saat bermimpi baik ataupun buruk. Semoga bermanfaat, Wa Allahu A’lam bis Shawab.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.