oleh

Umat Muslim, Jangan Bunuh Ular Sembarangan di Rumah Menurut Islam

PortalMadura.Com – Sebagian dari kita mungkin ada yang takut dengan ular karena meyakini adanya racun dan lilitan yang ada pada dirinya dan dapat secara tiba-tiba membuat kita terbunuh. Ular biasanya muncul di sawah, laut, hutan dan alam bebas lainnya. Bagaimana dengan ular yang berada di dalam rumah?

Pernakah Anda menemukan seekor ular di dalam rumah? Mungkin akan menjadi seuatu yang janggal apabila rumah Anda jauh dari sungai maupun pesawahan. Sebagaimana diketahui, ular biasanya hidup di sawah maupun pesisir sungai, mereka mungkin terjebak masuk ke dalam rumah warga dan bersembunyi di balik barang rumah Anda.

Ular tersebut haruslah dibunuh. Namun, terdapat perbedaan pendapat akan aturan membunuh ular yang berada di dalam rumah oleh beberapa ulama. Biasanya beberapa dari Anda akan histeris jika menyadari ada hewan berbahaya di dalam rumah dan berusaha mengusir atau membunuhnya.

Baca Juga: 8 Kafe dalam Gua Yang Lagi Hits, Satu Ada di Sumenep Madura

Namun, apakah hal tersebut benar hukumnya dan diperbolehkan dalam agama? Menurut Syaikh ‘Umar bin Sulaiman bin ‘Abdullah Al Asyqor, Nabi Muhammad SAW telah melarang setiap orang untuk membunuh ular-ular yang ada di rumah secara langsung.

Melainkan memberikannya batas waktu untuk pergi selama tiga hari. Aturan tersebut tertuang pada hadis dalam Shahih Muslim yang diriwayatkan dari dari Abu Sa’id al-Khudri.

“Sesungguhnya, di Madinah ini ada jin yang telah masuk Islam, Apabila kalian melihat sebagian dari mereka, berilah ia tempo waktu tiga hari untuk pergi menjauh/keluar. Jika ia masih terlihat setelah itu, bunuhlah karena ia adalah setan.” (HR. Bukhari).

Pada dasarnya jika ular tersebut adalah jin dan diberi batas waktu hingga tiga hari, maka ia akan pergi. Namun jika dalam tempo yang sudah ditentukan hewan tersebut tak kunjung pergi, maka ular tersebut memang halal untuk dibunuh.

Kesimpulannya adalah ular yang diberi waktu tiga hari namun tak kunjung pergi adalah sosok jin yang menjelma dan hendak menyerang manusia. Mereka memang sengaja berubah menjadi ular untuk menakut-nakuti dan mencelakai manusia.

Komentar