Umat Muslim, Kenali 6 Kriteria Muslimah Sejati Menurut Islam

Avatar of PortalMadura.Com
Umat Muslim, Kenali 6 Kriteria Muslimah Sejati Menurut Islam
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Muslimah Sejati adalah sosok mulia di saat jutaan wanita terhina di dalam kubangan hawa dan angkara. Ketika para wanita berbangga mengumbar syahwatnya, ia tampil memesona dengan syariat jilbab-Nya. Ia adalah anugerah ilahi bagi seluruh wanita di bumi ini. Pribadinyapun pancaran indah dari beningnya sabda junjungan. Dan jiwa-jiwanya adalah jiwa pendidik dai teladan dan mujahid militan.

Ada yang mengatakan, wanita bisa dikatakan Muslimah sejati apabila ia menjadi sosok yang mulia saat jutaan wanita terhina. Ia tetap bertahan dalam syariat Islam, ketika para wanita berbangga mengumbar syahwatnya. Akhlak wanita teladan ialah menjaga kehormatan.

Akan tetapi, sangat disayangkan. Faktanya sedikit sekali seorang muslimah yang mampu meraih prestasi gemilang sebagai Muslimah sejati. Tapi, tidak ada kata terlambat untuk menjadi lebih baik dan berusaha mendapatkan gelar kemuliaan itu. Berikut ini krietria Muslimah sejati dalam Islam

Dengan Iman yang Kuat
Keimanan yang kuat terhadap apa saja yang datangnya dari Allah subhanahu wa ta'ala dan Rasul-Nya pantas dikatakan sebagai kriteria utama muslimah sejati. Keimanan itu yang mampu meneguhkan hati Muslimah sehingga tegar menghadapi ujian. Bisa dikatakan apabila tanpa adanya iman yang dalam ini tidak mungkin seorang wanita menjadi muslimah sejati.

Tunduk dan Patuh terhadap Perintah Allah dan Rasul-Nya dan Menjauhi Larangan-Nya
Hal ini sudah tentu akan dijalani oleh Muslimah yang tau syariat. Allah SWT pun berfirman mengenai hal ini, “Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak pula bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan yang lain tentang urusan mereka. Barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya Maka sungguhlah dia Telah sesat, sesat yang nyata.” (QS. al-Ahzab [33]: 36)

Selalu Tawazun (Proporsional dan Profesional) dalam Segala Urusannya
Disamping wanita menjadi seorang anak yang menghormati orangtuanya, ia juga harus bisa mematuhi perintah suaminya, serta mampu mendidik anak-anaknya. Membagi waktu dalam hal ini bukanlah hal yang mudah. Maka, muslimah sejati ialah mereka yang mampu mengatur waktunya dengan tawazun, tanpa mendzalimi serta mengurangi kewajibannya. Selalu taat pada suami dan orangtuanya.

Memiliki Semangat dan Rajin Menuntu Ilmu
Meskipun telah berkeluarga atau bahkan sibuk dengan hal lainnya, semangat muslimah sejati tidak akan pernah surut. Apalagi dalam hal menuntut ilmu. Karena wanita akan menjadi sekolah pertama bagi anak-anaknya, hendaklah ia mencukupi dirinya dengan ilmu dan akhlak mulia.

Gemar Dakwah dan Sedekah
Banyaknya sektor kehidupan yang memang lebih tepat ditangani langsung oleh muslimah, menyebabkan peran dakwah sangatlah diperlukan. Maka, sebagai bukti keimanannya muslimah pun tak hanya sekedar berbicara (dakwah) saja, perlu adanya praktik, kerja nyata. Seperti halnya bersedekah.

Seperti diketahui, jika dakwah menuntut waktu, tenaga serta harta. Jika prinsip orang-orang yang berdakwah seperti berniaga, mungkin takan pernah sampai ilmu itu ke jaman sekarang.

Menjaga Iffah dan Izzah
Iffah dan izzah adalah akhlak tertinggi yang dicintai oleh Allah SWT. Menjalankannya bukan suatu hal yang mudah. Namun, tidak sulit pula apabila sudah menjadi komitmen yang kuat, serta diniatkan lillahita'ala. Menjaga kesucian diri tidak hanya sebatas yang terpenting tidak berzina. Tapi memang menjauhkan diri dari suatu hal yang mendekati zina. Seperti ikhtilat apalagi khalwat. Muslimah itu sangat istimewa, namun ada satu kekurangannya. Terkadang dirinya lupa, jika ia bergitu berharga.(ruangmuslimah.co/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.