Umat Muslim, Ketahui 4 Ciri Orang Mulia di Mata Allah

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, Ketahui 4 Ciri Orang Mulia di Mata Allah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Siapa yang tidak ingin menjadi manusia di mata Allah, setiap orang pasti menginginkannya bukan? Untuk mewujudkankannya, tentu seorang muslim harus menjalankan syariat islam dengan baik dan benar serta menjauhi apa yang dilarang Allah. Dengan demikan, seorang muslim akan menjadi manusia yang mulia di mata Allah dan juga manusia lainnya.

Berbicara mengenai orang mulia di mata Allah, Hadratuhssyaikh Hasyim Asy'ari menjelaskan dalam kitab Adab Al Alim wa Al Muta'allim sebagai berikut:

Disebutkan, orang mulia tidak meremehkan empat hal ini, meskipun ia menjadi seorang pemimpin:

Berdiri dari Tempat Duduknya Karena Kedatangan Sang Ayah
Beliau mengungkapkan bahwa orang mulia itu tetap rendah hati dan menghargai seseorang yang dihormatinya. Misal ketika ada guru atau ayahanda yang datang, dengan rendah hati ia berdiri dalam rangka menghormati kedatangannya. Bisa dilihat ketika presiden datang ke sebuah ruangan, secara tidak langsung mereka yang sedang berada di situ akan berdiri seraya menyalaminya.

Melayani Orang Alim yang Mengajarkan Ilmu Kepadanya
Selanjutnya beliau menyebutkan bahwa orang mulia itu melayani seseorang yang telah mengajarkan sebuah ilmu kepadanya. Layaknya seorang murid yang mengatakan “sami'na wa atha'na” terhadap titah sang guru. Begitupun dengan seseorang yang telah mengajarkan sebuah ilmu, ia akan menghormati dan melayani dengan baik.

Bertanya Ketika Ia Tidak Mengetahui
Seperti peribahasa yang telah diketahui selama ini yakni malu bertanya, sesat di jalan, dalam islam pun juga dianjurkan untuk bertanya apabila ada yang tidak kita ketahui. Sebab ketidaktahuan merupakan salah satu hal yang bisa menjerumuskan kita pada kesesatan dan itu merupakan hal yang tidak disukai Allah SWT. Wallahualam.

Melayani Tamunya
Dan yang terakhir adalah melayani tamunya. Hal inilah yang juga diserukan Rasulullah terhadap umat-Nya yang beriman kepada Allah dan hari akhir. Dalam sabdanya disebutkan:

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia memuliakan tamunya.”

Demikian mengenai ciri-. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.