Umat Muslim, Ketahui Keutamaan Baca Basmalah Sebelum Wudu

Umat Muslim Ketahui Keutamaan Baca Basmalah Sebelum Wudu
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Umat muslim, perlu Anda ketahui membaca basmalah tidak hanya diutamakan ketika membaca Alquran. Namun segala aktivitas terutama dalam hal ibadah dianjurkan untuk mengawalinya dengan basmalah, termsuk dalam berwudu. Nilai keberkahan wudu antara yang diawali dengan basmalah dengan yang tidak sangat kontras perbedaannya.

Seperti yang diketahui, wudu merupakan salah satu syarat sahnya salat. Selain itu, orang yang ingin memegang mushaf juga diwajibkan memiliki wudu. Wudu juga menjadi prasyarat orang tawaf di Mekah.

Sedangkan wudu sendiri memiliki syarat dan fardu tertentu yang harus dipenuhi. Ketika ada satu saja yang ditinggalkan, maka wudunya tidak sah.

Tidak hanya syarat dan fardu, wudu juga memiliki kesunahan-kesunahan yang perlu diperhatikan untuk menambah nilai ibadah. Salah satunya yakni membaca basmalah sebelum berwudu. Rasulullah Saw. bersabda:

Baca Juga:  Benarkah Dahi Hitam Sebagai Tanda Sujud? Ini Jawabannya

Sesungguhnya Rasulullah SAW. meletakkan kedua tangannya pada sebuah bejana. Lalu beliau bersabda kepada sahabatnya: Berwudulah kalian dengan (diawali) basmalah.

Dari hadis tersebut menunjukkan kesunahan basmalah sebelum berwudu. Hadis tersebut juga menjadi penguat dari hadis lain yang lebih umum, yaitu:

Setiap perbuatan baik yang tidak didahului dengan bismillahirrohmanirrohim, maka ia akan terpotong keberkahannya.

Faidah membaca basmalah sebelum wudu sangat luar biasa. Sungguh rugi orang yang sengaja meninggalkannya. Rasulullah SAW. bersabda:

Barang siapa yang berwudu dengan membaca basmalah, maka seluruh anggota tubuhnya menjadi suci. Dan barang siapa yang berwudu tanpa membaca basmalah, maka hanya anggota wudunya yang menjadi suci. (HR. Imam Daruquthni dan Al-Baihaqi)

Baca : Dua Nelayan Sumenep Digulung Ombak, Satu Tewas

Dari hadis di atas dapat diartikan bahwa keberkahan wudu akan sedikit berkurang apabila tidak diawali dengan basmalah. Yang seharusnya anggota badan bersih bathiniyah secara keseluruhan, namun karena tidak dimulai dengan basmalah hanya terpaku pada anggota wudu saja.

Baca Juga:  4 Keistimewaan Salat Tahajud 7 Hari 7 Malam

Demikian mengenai keutamaan membaca basmalah sebelum berwudu. Ternyata hal sepele seperti membaca basmalah memiliki manfaat yang cukup besar. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat. (islami.co/Nanik)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.