Umat Muslim, Ketahui Keutamaan Salat Sunah Sebelum Asar

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, Ketahui Keutamaan Salat Sunah Sebelum Asar
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Dari sekian salat sunah, salat sunah yang sangat dianjurkan adalah . Seperti yang diketahui, salat sunah rawatib adalah salat yang dikerjakan setelah atau sebelum salat wajib. Seperti, salat sunah sebelum subuh, sebelum dan sesudah Zuhur, sebelum Asar, sebelum dan setelah Magrib, dan sebelum dan setelah Isya.

Dari Syeikh Abu Syuja' dalam Matan Taqrib menjelaskan:

“Sunnah yang mengiri salat fardu ada 17 rakaat: dua rakaat sebelum subuh, empat rakaat sebelum Zuhur dan dua rakaat setelahnya, empat rakaat sebelum Asaar, dua rakaat setelah Magrib, dan tiga rakaat setelah Isya dengan sekaligus witir satu rakaat”

Dari hadis di atas, dapat disimpulkan bahwa yang tidak termasuk salat sunah hanyalah salat setelah Subuh dan setelah Ashar, karena itu termasuk waktu yang dilarang salat. Sementara salat sunah sebelum Magrib, meskipun tidak dimasukan dalam penjelasan hadis di atas, tetap disunahkan berdasarkan hadis Bukhari-Muslim.

Baca Juga: Ketahuilah, Pahala Mengerjakan Salat Sunah Rawatib Menurut Islam

“Dulu ketika kami berada di Madinah, di saat muadzin mengumandangkan adzan Maghrib, mereka langsung saling berlomba untuk melakukan shalat dua rakaat dan dua rakaat. Bahkan kalau ada orang asing masuk masjid, mereka akan menyangka bahwa shalat Maghrib sudah dilaksanakan saking banyaknya orang yang melakukan shalat dua rakaat tersebut” (HR: Muslim)

Begitu juga menurut penjelasan Syeikh Abu Syuja' bahwa yang disunahkan yakni salat sunah sebelum Asar. Sedangkan, dalam hadis riwayat al-Tirmidzi, orang yang mengerjakan shalat sunnah sebelum ashar akan dirahmati Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:

“Allah SWT merahmati orang yang salat empat rakaat sebelum Ashar” (HR: al-Tirmidzi)

Salat empat rakaat maksudnya di sini adalah pengerjaannya dua rakaat dua rakaat. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam riwayat lain:

“Nabi SAW shalat empat rakaat sebelum Ashar dengan dua salam (dua rakaat dua rakaat)” (HR: al-Tirmidzi)

Dari kedua hadis ini, salat sunah empat rakaat sebelum Asar termasuk bagian dari kesunahan. Bahkan, orang yang mengerjakannya akan dirahmati Allah SWT. Wallahualam

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.