oleh

Umat Muslim, Ketahui Waktu yang Dianjurkan Untuk Salat Sunah Rawatib

PortalMadura.Com – Salah satu salat sunah yang diutamakan dalam islam adalah salat sunah rawatib. Menurut fiqih, salat sunah rawatib adalah salat sunah yang mengikuti salat wajib lima waktu, baik sebelum atau sesudahnya. Salat sunah rawatib ada dua yakni salat sunah rawatib qobliyah yang dilakukan sebelum salat wajib disebut dengan qobliyah, sedangkan sesudahnya disebut dengan ba’diyah.

Banyak riwayat yang menjelaskan keutamaan salat sunah rawatib. Di antaranya adalah hadis riwayat Imam Tirmidzi dari Ummu Habibah, bahwa Nabi SAW bersabda;

“Barangsiapa yang mengerjakan salat dua belas rakaat sehari semalam, maka akan dibangunkan baginya suatu rumah di surga.”

Disebutkan juga dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi dari Sayidah Aisyah, bahwa Nabi SAW bersabda;

“Barangsiapa merutinkan salat sunah dua belas rakaat, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di surga. Dua belas rakaat tersebut adalah empat rakaat sebelum zuhur, dua rakaat sesudah zuhur, dua rakaat sesudah maghrib, dua rakaat sesudah Isya, dan dua rakaat sebelum subuh.”

Adapun waktu sunah qobliyah dimulai sejak masuk waktu salat wajib hingga akhir waktu. Misalnya sunah qobliyah salat zuhur, maka waktunya dimulai sejak waktu zuhur tiba hingga waktu zuhur berakhir. Meski demikian, dianjurkan sunah qobliyah dilakukan sebelum salat wajib dilakukan.

Sementara salat sunah ba’diyah dimulai setelah salat wajib dilakukan dan berakhir hingga waktu salat wajib habis. Misalnya salat sunah ba’diyah zuhur, maka waktunya dimulai setelah salat zuhur dilakukan dan berkhir hingga waktu zuhur berakhir. Imam Nawawi dalam kitab Almajmu mengatakan;

“Ulama Syafiiyah mengatakan bahwa waktu salat sunah sebelum salat wajib dimulai sejak masuk waktu salat wajib dan tetap bertahan selama waktu salat wajib tidak keluar, akan tetapi disunahkan dilakukan sebelum salat wajib. Adapun salat sunah setelah salat wajib dimulai setelah salat wajib dilakukan dan tetap ada selama waktu salat wajib masih ada.”

Demikian mengenai waktu yang dianjurkan untuk melaksanakan salat rawatib. Semoga informasi di atas bermanfaat. (bincangsyariah.com/Nanik)

Komentar