Umat muslim, Manfaat Puasa Senin Kamis yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Umat muslim, Manfaat Puasa Senin Kamis yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com adalah bentuk lain untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Puasa dibedakan menjadi dua macam yaitu puasa wajib seperti yang kita ketahuai dal lakukan setiap tahun yaitu puasa pada bulan Ramadhan, kemudian puasa sunnah yang apabia tidak dikerjakan tidak apa-apa.

Ada banyak jenis puasa sunnah salah satunya yaitu . Puasa senin kamis merupakan puasa yang sering dilakukan oleh umat muslim selain manfaatnya untuk meningkatkan spiritual mereka juga baik untuk kesehatan jasmani. Lantas Apasajakah manfaat jasmaninya? berikut penjelasannya.

1. Melindungi Jantung dan mencegah Diabetes Tipe-2

Puasa yang dilakukan dua kali dalam seminggu ini diketahui dapat mempengaruhi cara tubuh mengelola kolesterol dan gula. Itulah mengapa puasa setiap minggu dikatakan sebagai cara yang bagus untuk melindungi tubuh dari diabetes dan gangguan kardiovaskular.

Faktanya, puasa secara teratur sekali seminggu diketahui dapat mengurangi kadar N-oksida trimetilamin dalam darah dan mengurangi risiko terkena penyakit arteri koroner.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Puasa memiliki banyak efek positif pada otak, organ tubuh yang paling penting. Sebuah protein yang disebut neurotropik yang diturunkan dari otak sangat membantu dalam meningkatkan perkembangan neuron dan komunikasi antara sel-sel saraf.

Selain itu, puasa juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit seperti Alzheimer, demensia, depresi dan lain – lain. Secara umum, seseorang mungkin mengalami peningkatan kejernihan mental.

3. Membersihkan Darah dan Anti Penuaan

Penuaan adalah bagian dari alam dan seseorang tidak dapat menyangkalnya. Sungguh menakjubkan untuk mencatat bahwa puasa memperlambat proses penuaan dengan meningkatkan stimulasi HSH (Hormon Pertumbuhan Manusia), hormon yang terkait erat dengan proses penuaan.

4. Menurunkan berat badan secara alami

Puasa yang dilaksanakan setiap minggu dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin meurunkan berat badan. Banyak orang yang berpendapat puasa merupakan diet yang paling sehat dan tidak memiliki efek samping bagi tubuh.(okezone.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.