oleh

VIDEO-Ini Keindahan Pulau Kangean Sumenep Yang Menakjubkan

PortalMadura.Com, Sumenep – Bicara soal keindahan laut Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur tidak akan pernah habis.

Misalnya, kepulauan Kangean yang merupakan gugusan pulau bagian paling timur Pulau Madura, Laut Jawa.

Kepulauan ini terdiri dari 60 pulau, dengan luas wilayah 487 km². Pulau-pulau terbesar adalah Pulau Kangean (188 km²), Pulau Paliat, dan Pulau Sepanjang.

Di kepulauan Kangean terdapat tiga kecamatan, yaitu Arjasa, Sapeken, dan kecamatan Kangayan.

Kangayan merupakan hasil pemekaran Kecamatan Arjasa pada tahun 2009.

Di pulau-pulau tersebut, keindahan karang lautnya masih perawan. Dan tidak akan cukup hanya meluangkan waktu satu dua hari untuk menikmati keindahan yang menakjubkan itu.

Meski wisatanya belum dikelola secara resmi oleh pemerintah daerah, namun wisatawan mancanegara sudah banyak yang berkunjung, baik melewati daratan Sumenep maupun dari Pulau Dewata Bali.

Berikut ini cuplikan video keindahan karang laut Pulau Kangean.

https://www.youtube.com/watch?v=FwhvzJvNpM8

Kecamatan Arjasa membawahi pulau Kangean bagian barat, terdiri dari Kalisangka, Buddhi, Laokjangjang, Duko, Bilis-Bilis, Sumbernangka, Arjasa, Kalikatak, Angon-Angon, Kalinganyar, Sambakati, Paseraman, Pandeman, Sawahsumur, Pagellaman, Pajennangger.

Sedangkan Kecamatan Kangayan membawahi Pulau Kangean bagian timur yakni Desa Pabian, Daandung, Air Kokap, Bantelan, Jukong-Jukong, Torjek, Kayu Waru, Batuputih, dan Paliat.

Adapun untuk kecamatan Sapeken membawahi pulau-pulau kecil dan mendominasi bagian timur Kepulauan Kangean, di antaranya Sapeken, Paliat, Sadulang Besar, Sadulang Kecil, Pagerungan Besar, Pagerungan Kecil, Saebus, Sepangkur Besar, Sepangkur Kecil, Saseel, Sakala, Sepanjang dll.(wikipedia/har)


Komentar