oleh

VIDEO-Ini Kerapan Sapi Tahun 1948 Saat Kunjungan DR Bell (Belanda) ke Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Kunjungan Perwakilan Tinggi Mahkota Kerajaan Belanda, DR Bell ke Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur pada tahun 1948 untuk mengahadiri pertunjukan Karapan Sapi di Alun-Alun diabadikan dalam sebuah film dokumenter produksi Multifilm Batavia.

DR. Bell tiba di Sumenep dengan mengendarai pesawat catalina dan mendarat di Selat Madura, tepatnya di sekitar Pelabuhan Kalianget, Sumenep.

DR. Bell dalam kunjungannya didampingi oleh Dr. Charles Olke van der Plas, (Gubernur Jawa Timur pada masa kolonial) dan disambut Oleh Raden Tjakraningrat Wali Negara Madoera.

Loading...

Di awal film ini terlihat jelas dari dekat suasana pelabuhan, bangunan administrator juga masih berdiri kokoh, dan aktifitas masyarakat juga berjalan seperti biasa sebelum kedatangan DR. Bell.

Dipertengahan film, juga bisa menikmati tradisi karapan sapi diiringi dengan musik khasnya yaitu saronen. Disini bisa menikmati alun-alun yang masih lapang dan di sekitarnya berdiri bangunan-bangunan lain yang masih berkaitan dengan keberadaan bangunan Karaton.

Selain itu nampak jelas, sebelum memasuki alun-alun ternyata setiap orang akan melewati sebuah pintu gerbang besar di sisi utara dan selatan sebelah masjid jamik/sisi barat alun-alun. (songenneptempodoeloe/har)

https://www.youtube.com/watch?v=gK18UWyvsX0

Video Terkait
https://youtu.be/tdyHuUgmuoo


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PortalMadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE