VIDEO – Unik, Perpaduan Wisata Religi dan Gugusan Bukit Ada di Batuputih Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
VIDEO - Unik, Perpaduan Wisata Religi dan Gugusan Bukit Ada di Batuputih Sumenep
Pesarean K. Kombang Diatas Bukit Kombang Desa Gedang-Gedang Batuputih Sumenep

PortalMadura.Com, –  Gugusan bukit di wilayah Kecamatan , Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengandung potensi wisata yang unik dan cocok untuk dikunjungi.

Salah satunya, bukit yang ada di Dusun , Desa Gedang-Gedang, Kecamatan Batuputih, Sumenep. Bukit itu, diberi nama .

Penamaan Bukit Kombang, berasal dari nama julukan sesepuh warga setempat bernama K. Kombang. letak pesareannya (makam) ada diatas bukit yang dikenal ghaib (jarang ditemukan oleh peziarah).

Konon, hanya waktu-waktu tertentu dapat dilihat oleh orang yang sengaja bersemidi diatas Bukit Kombang tersebut. Saat ini, pesarean itu, justru dibangun oleh warga dan menjadi sejak awal tahun 2016.

Dari atas Bukit Kombang, pengunjung dapat melihat gugusan bukit lain, misalnya disebelah timur terdapat Bukit Papan (warga menyebut Gunung Papan) dan Bukit Buruan (warga menyebutnya Gunung Buruan) ada disebelah barat.

Arah utara, dapat melihat birunya laut Pantai Desa Gedang-Gedang yang biasa disebut Pantai Gereba yang menyambung dengan Pantai Wisata Badur. Sedangkan arah selatan, juga terdapat gugusan bukit yang menyambung dengan bekas Keraton Batuputih (Arya Wiraraja) yang berlokasi di Desa Batuputih Daya.

Setiap malam Jumat, warga sekitar tumplek di atas Bukit Kombang tersebut. Mereka melakukan istigasah dan doa bersama. Bahkan, ada yang melakukan meditasi untuk mendekatkan diri pada sang pencipta.

Untuk sampai ke lokasi tersebut, pengunjung dapat melewati simpang tiga jalan Pasar Labeng Duwek Desa Batuputih Kenek, Kecamatan Batuputih, Sumenep ke arah utara dengan kondisi jalan beraspal rusak.

Berikut video lokasi Bukit Kombang, Desa Gedang-gedang, Kecamatan Batuputih, Sumenep.

(Hartono)

Dapatkan Barang Elektronik Dengn Harga Termurah Cek >> Rekomendasi Elektronik.
Jangan Lupa Ikuti kami di Google Berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.