oleh

Virus Corona, Jokowi Instruksikan Seluruh Pemda Untuk Bertindak Hal Ini

PortalMadura.Com – Presiden Indonesia Joko Widodo meminta pemerintah daerah untuk memantau wilayahnya masing-masing dan berkonsultasi dengan pakar terkait penyebaran virus corona atau Covid-19.

Presiden juga meminta pemerintah daerah agar berkonsultasi dengan Badan Nasional Penanganan Bencana untuk menentukan status wilayahnya masing-masing.

“Siaga darurat, ataukah tanggap darurat bencana non-alam,” ujar Joko Widodo – yang akrab disapa Jokowi – dalam konferensi pers di Bogor, Minggu (15/3/2020).

Berdasarkan status kedaruratan itu, lanjut Jokowi, pemerintah daerah akan dibantu TNI, Polri dan pemerintah pusat agar penanganan Covid-19 lebih efektif dan efisien.

Sebagai negara kepulauan, kata Jokowi, tingkat penyebaran Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia beragam.

Selain membentuk gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, imbuh Jokowi, pemerintah juga menggunakan protokol kesehatan WHO dan berkonsultasi dengan para pakar.

Jokowi meminta agar masyarakat menunda kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Jokowi meminta pemerintah daerah mengeluarkan kebijakan agar siswa dapat belajar dan pegawai bekerja dari rumah.

Selain itu, pemerintah meminta agar lembaga kesehatan meningkatkan pelayanan tes diagnostik dan pengobatan Covid-19 secara maksimal.

Juru bicara penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan ada 21 kasus baru pasien positif terjangkit Covid-19, sehingga total menjadi 117.

Penambahan itu, lanjut Yuri, merupakan hasil penelusuran terhadap kontak dari kasus sebelumnya.(*)

Sumber : AA
Editor : Hartono
Tirto.ID
Loading...

Komentar