oleh

Wabup Sumenep Akui Lahan Pertanian Mulai Menyempit

PortalMadura.Com, Sumenep – Wakil Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, Ach Fauzi mengakui lahan pertanian produktif di Bumi Sumekar sudah mulai menyempit. Pasalnya, tiga tahun terakhir ini banyak lahan produktif beralih fungsi jadi perumahan.

“Lahan produktif belakangan ini semakin menyempit. Tapi, kami juga terus merencanakan lahan-lahan yang tidak produktif itu diubah menjadi lahan produktif,” terang Wakil Bupati Sumenep, Ach Fauzi, Kamis (30/3/2017).

Ia menyampaikan, lahan yang tidak produktif akan dikelola dengan serius untuk menggantikan lahan produktif yang dialih fungsikan menjadi lahan pemukiman oleh warga seperti di wilayah jalan lingkar barat dan lingkar timur.

“Tujuannya untuk melebarkan kawasan perkotaan. Sebab, dari tahun ke tahun wilayah Kota Sumenep perlu untuk dilebarkan dan pembangunan pemukiman terus bertambah,” jelasnya.

Ia menerangkan, salah satu lahan produktif yang mulai berubah fungsi yakni di sebelah barat Terminal Arya Wiraraja. Sehingga, dengan terus beralih fungsinya lahan produktif tersebut sangat mengancam produktifitas gabah.

“Sebab, lahan persawahan itu mampu menghasilkan kualitas gabah yang baik dan kualitasnya pun sangat baik,” imbuhnya. (Arifin/Putri)

Loading...