oleh

Wajib Coba, 6 Cara Jaga Kesehatan Tubuh dengan Sunnah Rasulullah

PortalMadura.com – Rasulullah anah seorang Nabi yang sangat berwibawa serta panutan bagi setiap insan. Setiap hal yang dilakukan oleh Rasulullah adalah perkara sunnah yang akan bernilai pahala jika diniatkan hanya karena Allah semata.

Sejarah mencatat Rasulullah memiliki pola hidup yang sangat baik dan sehat, sehingga jarang sekali Beliau sakit atau mengalami gangguan kesehatan. Sebagai Umat Muslim rasanya penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara Rasulullah dalam menjaga kesehatan tubuh untuk kita jadikan sebagai teladan dalam menjalani hari-hari. Dilansir dari health.detik.com berikut beberapa cara menjaga kesehatan menurut Sunnah Rasulullah :

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Tidak Begadang

Rasulullah memiliki pola tidur yang sangat baik, Beliau menganjurkan untuk tidak tidur terlalu malam, kiranya pukul 21:30 Beliau sudah tidur dan kemudian bangun di sepertiga malam untuk melakukan shalat malam.

Sering Berpuasa

Berpuasa adalah aktivitas menahan lapar dengan tidak makan dan minum dari waktu subuh sampai tenggelamnya matahari yang di tandai dengan adzan maghrib. Berpuasa termasuk pada aktivitas ibadah bagi seorang Muslim, terlepas dari hal itu ternyata berpuasa juga dapat mencegah dan mengobati beberapa penyakit, seperti serangan jantung, hipertensi, diabetes.

Menjaga Emosi dengan Tidak Marah

Pribadi yang mudah marah itu adalah tanda bahwa ada penyakit di dalam hatinya. Tanpa disadari marah akan membuat tubuh menjadi tegang sehingga mudah terserang berbagai penyakit, salah satunya penyakit jantung.

Menjaga Kebersihan

Nah, sunnah yang satu ini memang penting banget dan jangan sampai dilewatkan. Kebersihan yang di maksud disini adalah kebersihan dari luar dan dalam. Yaitu terbebas dari segala najis dan kotoran di badan serta terbebas dari kotoran hati seperti rasa iri, dengki dan sombong.

Menjaga Pola Makan

Rasulullah tidak pernah berlebih-lebihan dalam makan. Beliau senang dengan makanan manis seperti madu dan kurma. Dalam dunia kesehatan, madu dan kurma memiliki banyak manfaat bagi sistem pencernaan, termasuk salah satunya menetralisir racun. Manfaat ini sudah terbukti ketika Rasulullah SAW diracuni oleh seorang wanita Yahudi di Madinah.

Bersilaturahim

Cara sehat ala Rasulullah selanjutnya adalah menjalin silaturahmi. Rasulullah adalah pribadi yang suka bersilaturahim dengan para sahabat dan tetangganya. Bersosialisasi adalah salah satu tips menjaga kesehatan yang patut kita tiru saat ini. Berdasarkan penelitian, aktivitas silaturahmi dipercaya mampu memunculkan aura-aura positif yang akan membawa kebaikan untuk kesehatan tubuh.

Nah, itu adalah beberapa cara sehat ala Rasulullah yang wajib kita tiru. Sederhana bukan?. Jadi kenapa lagi, mari kita coba. Semoga bermanfaat.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar