Wajib Dikonsumsi! Ini 5 Sayuran yang Dianggap Paling Sehat

Avatar of PortalMadura.com
Wajib Dikonsumsi! Ini 5 Sayuran yang Dianggap Paling Sehat
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran. Selain itu, harus diimbangi juga dengan gaya hidup sehat. Agar mendapatkan kondisi tubuh yang sehat tanpa penyakit.

Banyak macam sayuran yang bisa Anda konsumsi untuk hidup sehat. Karena nutrisi dan gizi penting dalam sayuran siap mengisi kebutuhan sehari-hari. Namun, banyak orang yang ternyata masih menghindari untuk mengonsumsi sayuran. Padahal banyak masalah kesehatan yang bisa terjadi jika Anda kurang makan sayur. Oleh karena itu, konsumsi beberapa sayur yang dianggap paling sehat ini. Sayur apa saja?

Berikut ulasannya:

Brokoli
Brokoli merupakan yang juga dimiliki oleh keluarga yang sama seperti kubis, kale, dan kembang kol. Brokoli yang dipotong-potong dan direbus mengandung 55 kalori, vitamin K yang tinggi, zat besi, serta kalium. Selain itu, brokoli juga mengandung lebih banyak vitamin C dan protein dibanding sayuran lainnya.

Brokoli ini dipercaya dapat mengurangi risiko kanker karena memiliki kandungan sulforaphane. Di dalam penelitian hewan, sulforphane ini mampu mengurangi ukuran dan jumlah sel kanker payudara serta mampu menghambat pertumbuhan tumor.

Anda bisa mengonsumsi brokoli baik secara mentah atau matang. Namun studi terkini menunjukkan kalau brokoli yang dikukus dapat memberikan manfaat kesehatan yang sangat baik

Wortel
Wortel kaya akan vitamin A, yang sangat penting untuk membantu mendapatkan kondisi penglihatan yang sehat. Mengimbanginya dengan nutrisi yang tepat, wortel juga dapat bantu mencegah dalam masalah penglihatan.

Selain itu, nutrisi tertentu di dalam wortel juga memiliki sifat yang mampu melawan kanker. Pada tahun 2011, studi menunjukkan bahwa ekstrak jus wortel dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan sel-sel leukemia.

Bayam
Bayam merupakan sayuran hijau yang kaya akan kalsium, vitamin, zat besi, dan antioksidan. Kekayaan nutrisi yang terkandung di dalam bayam ini menjadi menu yang sangat tepat bagi Anda yang sedang menjalani diet bebas daging dan susu. Dalam satu cangkir bayam mentah mengandung deretan nutrisi seperti vitamin K, A, dan C, magnesium, folat, zat besi, kalsium, dan antioksidan.

Vitamin K ini berguna untuk mendukung pertumbuhan tulang yang kuat. Zat besi, baik untuk energi serta kadar magnesium yang mumpuni untuk meningkatkan fungsi otot dan saraf. Selainitu, bayam juga mengandung nitrat yang dapat menjadikan otot tubuh menjadi lebih kuat.

Baca Juga: Begini Cara Tepat Cuci Sayuran

Tomat
Pada secangkir tomat mengandung 32 kalori, 427 miligram potassium dan 24,7 miligram vitamin C. Selain itu, tomat juga mengandung likopen. Likopen merupakan antioksidan kuat yang dapat berperan dalam mencegah kanker. Penelitian pun menunjukkan bahwa likopen dapat membantu mencegah kanker prostat.

Beta-karoten di dalam tomat juga memiliki efek anti kanker. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengonsumsi lebih banyak tomat jika ingin terhindar dari penyakit kanker. Selain itu, antioksidan lainnya yang terkandung di dalam tomat yaitu lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Kale
Sayuran kale kaya akan vitamin A, C, dan K yang tentunya sangat penting bagi tubuh. Sayuran ini juga sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi. Selain itu, kale juga merupakan tanaman yang kaya akan mineral seperti tembaga, kalsium, natrium, kalum, zat besi, mangan, dan fosfor.

Kalium merupakan komponen penting bagi sel dan cairan tubuh untuk mengatur denyut jantung dan tekanan darah. Sementara itu, zat besi sangat dibutuhkan untuk proses oksidasi sel dan pembentukan sel darah merah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.