oleh

Warga Tanam Pohon Pisang di Akses Menuju Asta Tinggi

SUMENEP (PortalMadura) – Warga Desa Kebonagung, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menanam pohon pisang di akses jalan menuju lokasi wisata religi Asta Tinggi (Pemakaman Ra-raja).

Mereka nekat menaman 5 buah pohon pisang, karena kondisi jalannya rusak parah dan tidak kunjung diperbaiki oleh pemerintah setempat. Selain ditanami pohon pisang, juga terlihat sebatang bambu, sejumlah kursi, sebagai tanda jika jalan tersebut dilarang dilalui oleh pengendara motor maupun roda 4.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kebonagung, R. Suharto Winata mengaku malu dengan kondisi jalan tersebut. Sebab, setiap hari banyak orang luar daerah yang datang ke Asta Tinggi, sedangkan pemerintah tidak pernah memperhatikan kondisi jalan yang sudah rusak parah.

“Jalan ini, satu-satunya akses yang menuju Asta Tinggi (pemakaman raja-raja Sumenep, red). Tapi, kenapa pemerintah tidak pernah memikirkan kondisi jalan ini,” tegasnya, Senin (24/2/2014).

Selain itu, juga merupakan akses menuju Kantor Komisi pemilihan Umum (KPU) Sumenep, serta akses kesejumlah kecamatan wilayah barat kota. “Seingat saya, sudah ada 10 pengendara motor yang jatuh karena terperosok akibat jalan rusak,” terangnya.

Dia mengakui jika jalan tersebut penah dilakukan tambal sulam. Namun, karena yang lewat banyak mobil besar seperti AKAS, Truk pengangkut pasir untuk keperluan perumahan di kota, maka jalan tersebut kembali rusak parah. “Solusinya, ya harus diaspal kembali. Jangan hanya tambal sulam dengan kualitas seadanya. Jika dibiarkan rusak, maka harus lewat mana para tamu dan warga disini,” tegasnya.

Sementara, Kepala Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga, Edy Rasiyadi, mengaku telah melakukan kroscek kelapangan terkait jalan rusak menuju lokasi wisata religi dan KPU itu. Bahkan pihaknya, memastikan pada tahun 2014  jalan tersebut akan diperbaiki. PU Bina Marga juga menganggarkan dana sekitar Rp 500 juta untuk perbaikan jalan rusak di Desa Kebunagung.

“Kami sudah menganggarkan untuk perbaikan jalan. Jika harus diperlebar, juga akan dianggarkan,” janjinya.(udien/htn)


Komentar