Waspada! 5 Masalah Kesehatan saat Bibir Anda Pecah-pecah

Avatar of PortalMadura.com
Waspada! 5 Masalah Kesehatan saat Bibir Anda Pecah-pecah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat udara dingin memang menyebalkan. Kondisi seperti ini membuat kulit akan mengalami dehidrasi. Juga membuat bibir kering, pecah-pecah dan juga terkelupas.

Bahkan, banyak dari Anda yang menganggap bahwa bibir pecah-pecah hanya akibat dari tubuh yang mengalami dehidrasi. Padahal, tidak demikian. Bibir pecah-pecah bisa menandakan sejumlah masalah kesehatan.

Jika dibiarkan berlarut-larut, dapat mengganggu kesehatan. Kulit bibir mungkin saja tampak lebih gelap, mengelupas dan berdarah, terutama jika Anda tidak merawatnya dengan baik.

Dilansir fimela.com dikutip dari Bustle.com, kulit bibir yang kering dan pecah-pecah bisa menandakan Anda mengalami dehidrasi, alergi, kekurangan vitamin, dan masalah kesehatan lainnya. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

Infeksi Jamur
Tahukah Anda bahwa bibir pecah-pecah juga bisa terjadi akibat infeksi jamur. Hal ini biasanya terjadi pada area sudut bibir. Hal ini terjadi saat Anda menjilat bibir, dan suhu hangat tersebut membuat jamur saliva tumbuh di sudut mulut.

Baca Juga: Gus Miftah Ngobrol Bareng di Sumenep

Salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan konsumsi banyak air dan hindari menjilat bibir. Selain itu Anda juga bisa memulaskan lip balm untuk menghentikan menumpuknya saliva pada bibir.

Reaksi Alergi
Jika bibir terlihat seperti habis melakukan filler. Tampak merah, dan tebal, disertai pecah-pecah, bisa jadi hal ini akibat reaksi alergi. Produk lip plumping biasanya mengandung kandungan yang dapat timbulkan alergi. Selain itu, efek makanan juga bisa memicu alergi pada tubuh.

Dehidrasi
Bibir kering juga menandakan bahwa Anda mengalami dehidrasi. Usahakan setidaknya minum 8 gelas air setiap hari dan jangan lupa untuk maksimalkan kelembapan dengan menggunakan jojoba oil atau shea butter.

Kerusakan Akibat Sinar Matahari
Paparan sinar matahari bisa membuat bbir jadi kaku dan kering hingga akhirnya Anda akan mengalami bibir pecah-pecah. Selain itu, hal ini juga menandakan terjadinya inflmasi pada tubuh, Sebagai proteksi, upayakan untuk lindungi bibir dengan menggunakan produk yang mengandung SPF.

Kekurangan Vitamin
Vitamin B memiliki peran penting untuk memaksimalkan fungsi tubuh. Hal ini juga membantu tubuh agar mendapat energi lebih maksimal serta meningkatkan sistem imunitas pada tubuh. Di saat Anda kekurangan vitamin B, maka sejumlah masalah kulit bisa terjadi, salah satunya kulit kering dan pecah-pecah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.