oleh

Waspada! 6 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Risiko Keracunan

PortalMadura.Com – Diare dan muntah merupakan ciri-ciri atau gejala yang paling umum saat seseorang mengalami keracunan makanan. Tapi, banyak yang menyadari penyebab sesungguhnya keracunan makanan.

Anda mungkin mengalami keracunan apabila makanan yang dimakan itu tercemar akibat cara menyediakan dan menyimpan yang kurang tepat, atau Anda makan dengan tangan yang kotor. Makan makanan kedaluwarsa juga bisa menjadi penyebab keracunan makanan.

Tapi tahukah Anda, sebenarnya ada makanan tertentu yang bisa meningkatkan risiko keracunan makanan. Melansir dari dream.co.id dikutip Siakapkeli.my, makanan yang rutin dikonsumsi setiap hari sebenarnya berkontribusi pada risiko keracunan makanan.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan keracunan. Yuks, simak dibawah ini.

Telur Mentah
Bakteri salmonella akan terkontaminasi pada telur mentah. Mencuci telur sebelum dimasak adalah cara untuk mencegah keracunan. Saat dimasak pastikan sudah benar-benar matang. Bagi Anda yang sedang hamil sebaiknya menghindari makan telur setengah matang.

Sayuran
Sayuran hijau seperti buncis, salad, sawi, bayam atau sayur-sayuran lain merupakan sajian yang baik dan menyehatkan. Tetapi tanpa disadari, sayuran seperti ini juga berpotensi menjadi penyebab keracunan makanan.

Ini karena sayuran mudah terkontaminasi dengan kotoran yang ditemukan di tanah. Penggunaan pisau yang sama saat mengiris atau memotong daging mentah juga dapat menyebabkan kontaminasi silang.

Ikan Tuna
Ikan seperti tuna juga dapat meningkatkan risiko keracunan ketika sudah terkontaminasi dengan scombrotoxin. Keracunan scombrotoxin dapat menyebabkan sakit kepala, kram, dan kemerahan di seluruh tubuh. Ikan tuna yang rusak atau disimpan dengan tidak benar di tempat yang melebihi suhu 60? akan menyebabkan racun keluar dari ikan.

Daging mentah atau Setengah Matang
Bakteri E-coli akan terkandung pada hidangan daging yang tidak dimasak dengan baik seperti daging mentah. Cara terbaik untuk mencegah keracunan daging adalah memastikan dagingnya dimasak dengan benar.

Tiram
Makanan laut dari jenis kerang-kerangan bisa menjadi penyebab keracunan makanan. Tiram adalah salah satu makanan yang bisa menjadi penyebab keracunan karena kontaminasi virus dan bakteri berbahaya dari air yang tersimpan di dalamnya.

Bahkan cara pengolahan tiram yang salah sebelum dan saat dimasak juga meningkatkan risiko keracunan. Tiram mentah biasanya mengandung racun vibrio vulnificus. Racun ini bisa menyebabkan reaksi alergi yang buruk seperti muntah, mencret dan mual berlebihan.

Kentang
Jika biasanya kita akan membeli kentang dalam jumlah banyak. Mungkin setelah ini akan membelinya dalam jumlah kecil. Ini karena kentang yang disimpan terlalu lama berisiko terkontaminasi bakteri seperti Listeria, E.coli, Salmonella dan Shigella.

Kontaminasi ini dapat terjadi jika kentang disimpan dengan makanan lain seperti daging mentah. Keracunan makanan dari bahan sehari-hari ini jangan dianggap enteng.

Baca Juga: Protes ADK, Legislator Minta Tim Audit Pusat Turun ke Sampang

Jadi, pastikan untuk menjaga kebersihan tempat penyimpanan dan alat untuk memasak makanan. Jika ingin makan dengan tangan, maka sebaiknya mencucinya hingga benar-benar bersih.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : dream.co.id

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.