Waspada! Ini 4 Tips Jitu Lindungi Anak dari Kecanduan Main Gadget

Avatar of PortalMadura.Com
Waspada! Ini 4 Tips Jitu Lindungi Anak dari Kecanduan Main Gadget
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kehadiran internet banyak memberikan manfaat bagi manusia. Pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah dan segala informasi dengan cepat didapat melalui internet. Akan tetapi dibalik itu semua, ada banyak ancaman yang mengintai khususnya bagi anak-anak.

Bermain gadget secara berlebihan akan membentuk pola pikir yang kurang terbuka dan cenderung egois. Sikap manja, mudah marah, mudah resah biasanya timbul saat seorang anak sudah mulai kecanduan menggunakan gadget. Kondisi ini tentunya akan membuat anak kurang peduli pada lingkungan sekitar, terutama pada dan tumbuh kembangnya.

Sebagai orang tua, Anda harus bertindak tegas dan lindungi anak Anda dari kecanduan gadget dengan melakukan cara berikut ini :

Jadilah Panutan Langsung
Orang tua perlu jadi panutan langsung dalam penggunaan gadget sehari-hari. Saat sedang berinteraksi atau bermain dengan anak-anak, jangan sibuk sendiri main gadget. Seperti yang dilansir oleh familyshare.com, anak-anak memerlukan orang yang secara fisik, emosi, dan mental yang selalu ada untuk mereka. Sehingga dengan cara itu, ikatan anak dan orang tua yang kuat bisa terbentuk.

Buat Zona atau Waktu Bebas Ponsel
Buat aturan di mana pada saat tertentu tidak diperbolehkan menggunakan gadget. Bisa waktu saat makan bersama, ketika belajar dan mengerjakan PR, juga ketika sedang ada acara kumpul keluarga. Jadi dalam waktu-waktu tersebut, penggunaan gadget tidak diperbolehkan.

Buat Kegiatan yang Tak Melibatkan Gadget
Orang tua bisa membatasi penggunaan ponsel dan sebagai gantinya membuat kegiatan yang tak melibatkan gadget. Bisa dengan acara membaca buku bersama atau aktivitas bermain di luar ruangan. Saat malam hari khususnya, anak-anak perlu diberitahu untuk menon-aktifkan semua gadgetnya.

Bangun Kebiasaan Sehat Penggunaan Gadget
Di zaman modern seperti ini mustahil rasanya hidup tanpa gadget. Orang tua perlu mengarahkan dan membangun kebiasaan sehat soal penggunaan gadget. Mulai dari soal bermain game di gadget hingga menggunakannya untuk keperluan komunikasi. Sebagai orang tua, kita juga perlu selalu memonitor aktivitas anak menggunakan gadget. (vemale.com/Nia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.