oleh

Waspada! Kenali 3 Hal yang Bisa Berdampak Negatif pada Kesuburan

PortalMadura.Com – Menjalani gaya hidup sehat merupakan salah satu cara meningkatkan kesuburan agar cepat hamil. Selain rajin olahraga, mengonsumsi makanan bergizi, dan tidak stres juga bisa meningkatkan kesuburan.

Hindari pula hal-hal yang bisa berdampak buruk pada kesuburan. Seperti faktor-faktor berikut yang tidak banyak orang tahu bisa menghambat terjadinya kehamilan. Apa saja?.

Berikut ini tiga faktor yang bisa berdampak buruk pada kesuburan:

Sinar Gawai Sebelum Tidur
Kebiasaan bermain gawai saat malam hari membuat calon ayah dan ibu mendapat paparan sinar biru terus-menerus. Kondisi ini bisa berdampak pada siklus tidur. Tidak hanya itu, menurut penelitian yang dipublikasi dalam Journal Fertility and Sterilty, kebiasaan itu dapat menghambat kehamilan.

Pasalnya, paparan cahaya larut malam dapat menekan produksi melatonin, “hormon tidur” yang juga diproduksi di saluran reproduksi dan membuat sel telur lebih mudah terpapar radikal bebas yang merusak, terutama selama ovulasi.

Konsumsi Junk Food
Jika ingin cepat hamil, pastikan selalu mengonsumsi makanan sehat kaya nutrisi. Hindari makanan instan atau junk food yang kadar gizinya sangat rendah. Asupan gizi yang tidak memadai bisa menghambat kestabilan hormon yang berdampak pada menurunnya level kesuburan.

Kolesterol Tinggi
Kolesterol tinggi tidak hanya akan membahayakan jantung tapi juga dapat berdampak negatif pada kesuburan. Sebuah penelitian baru-baru ini di Journal of Endocrinology and Metabolism menemukan, bahwa kolesterol tinggi pada wanita berkaitan erat dengan waktu yang lebih lama untuk bisa hamil.

Begitu juga level kolesterol tinggi pada pria. Untuk itu, sangat penting memeriksakan kadar kolesterol saat merencanakan kehamilan. (liputan6.com/Salimah)


Komentar