Waspada! Kenali 7 Penyebab Bokong Anda Sering Terasa Nyeri

Avatar of PortalMadura.com
Waspada! Kenali 7 Penyebab Bokong Anda Sering Terasa Nyeri
ilustrasi

PortalMadura.Com – Merasakan sakit maupun nyeri di bagian pantat atau bokong sebenarnya tidak bisa dianggap sepele. Sebab, permasalahan itu bisa saja memiliki banyak penyebab yang harus diwaspadai. Seperti kram dan iritasi.

Umumnya, ada beberapa alasan mengapa Anda merasakan sakit di bagian bokong. Apa saja?.

Berikut ini uraiannya:

Menstruasi
Senyawa yang mirip dengan hormon yang disebut prostaglandin ini dapat menyebabkan kram karena menyimpang ke daerah usus dan menyebabkan beberapa orang buang air besar lebih banyak selama menstruasi. Prostaglandin ini juga dapat menyebabkan diare. Kram menstruasi yang parah juga dapat meluas ke perut bagian bawah dan terasa seperti memengaruhi area pantat Anda.

Wasir
Wasir adalah pembengkakan pembuluh darah yang terbentuk pada anus dan rektum. Wanita hamil sangat rentan dengan ini, demikian juga orang-orang yang berdiri atau duduk untuk waktu yang lama, dan orang-orang yang mengalami konstipasi.

Wasir sendiri memiliki dua jenis, yaitu eksternal dan internal. Gatal atau nyeri disekitar anus yang dirasakan bersamaan dengan benjolan dapat menandakan wasir eksternal. Sedangkan wasir internal juga menyebabkan nyeri dubur dan mungkin disertai dengan pendarahan. Biasanya, wasir akan hilang dengan sendirinya, namun jika tidak hilang setelah seminggu mengalaminya, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Endometriosis
Sekitar 11% wanita menderita endometriosis. Hal ini terjadi ketika jaringan yang biasanya melapisi rahim tumbuh di luar rahim. Pertumbuhan berlebih ini paling sering ditemukan pada saluran tuba, ovarium, dan permukaan luar rahim tetapi juga bisa meluas ke daerah usus.

Jika jaringan endometrium tumbuh di usus dapat menyebabkan pergerakan usus yang menyakitkan. Tidak ada obat untuk yang satu ini tetapi perawatan biasanya memerlukan obat, dan pembedahan.

Herpes Genital
Herpes jenis ini kurang umum dan dapat menyebabkan luka yang menyakitkan dan melepuh disertai cairan pada daerah anal atau genital.

Jika Anda melihat luka pada anus atau alat kelamin, Anda perlu melakukan tes IMS. Herpes tidak memiliki obat tetapi dapat diatasi. Dokter biasanya meresepkan obat antivirus untuk mengurangi jumlah dan untuk mempersingkat durasi serta mengurangi keparahannya.

Baca Juga: Selipkan Sabu di Helm, Pengecer Diringkus Polisi Sumenep

Fisura Anal atau Abses Anarektal
Fisura anus adalah sesuatu yang terjadi seperti pecah dan retak pada lapisan lubang anus. Seringkali itu terjadi ketika Anda memiliki kotoran yang sangat keras atau sebaliknya yang sangat berair yang mengakibatkan iritasi pada anus. Retakan akan memengaruhi pergerakan usus yang dapat menimbulkan rasa sakit atau pendarahan setelah buang air besar.

Abses anarektal ini disebabkan ketika kelenjar anal kecil dibagian dalam anus tersumbat atau fisura anus terinfeksi. Abses menjadi penuh nanah yang biasanya terasa menyakitkan.

Linu Panggul
Ketika saraf terjepit dapat menyebabkan rasa sakit di bagian pantat. Mati rasa, kesemutan dan sensasi terbakar atau menusuk juga merupakan gejala linu panggul yang paling umum.

Sindrom Piriformis
Sindrom ini sangat mirip dengan pegal linu karena memiliki gejala yang mirip. Namun, sindrom tersebut adalah kondisi neoromuskuler yang menyebabkan nyeri pinggul dan pantat. Pada dasarnya kram dan kejang otot piriformis.

Sindorm piriformis dapat menyebabkan rasa sakit yang tajam dan menyebar ketika Anda menggerakan pinggul. Anda bisa mengatasinya dengan olahraga dan perenggangan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.