Waspadalah Umat Muslim, Kencing Sembarangan Bisa Menimbulkan Perbuatan Laknat

Avatar of PortalMadura.com
kencing sembarangan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Laknat merupakan suatu hal yang menjauhkan seorang mukmin dari Allah SWT. Perbuatan yang laknat juga termasuk dosa yang besar. Baik kita melakukannya dengan sengaja atau tidak, hal tersebut sudah menjauhkan diri kita dari Allah SWT. Naudzubillah.

Tiga tempat yang bisa menimbulkan laknat adalah sebagai berikut.

Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad yang menyebutkan sebagai berikut:

Rasulullah bersabda:” takutlah kalian pada tiga tempat yang bisa menimbulkan laknat Allah. ditanyakan “apa yang bisa menimbulkan laknat Allah wahai Rasulullah?” beliau menjawab: “yaitu salah satu dari kalian di bawah tempat yang teduh, yang biasa digunakan berteduh, di jalan atau di air”

Tiga hal tersebut adalah berhubungan dengan etika kencing tak yang beraturan. Kencing di tempat yang teduh, kencing di tempat yang biasa digunakan berteduh, dan juga kencing di jalan atau air adalah cerminan orang yang tidak memperhatikan orang dan alam sekitar yang terkena kotoran dan najisnya.

Jika seseorang kencing di tempat yang biasa digunakan berteduh, lantas orang yang akan berteduh akan menghirup aroma yang tidak sedap. Hal tersebut secara tidak langsung sudah mengganggu kelangsungan hidup orang lain.

Rasulullah pernah berpesan untuk memperhatikan cara kencing yang baik dan membersihkannya, sebab tidak sedikit orang yang akan mendapatkan siksa kubur hanya karena kencing. Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi bersabda:

“Kebanyakan sebab siksa kubur adalah karena kencing.”

Beberapa hadis di atas mengingatkan kita kembali untuk lebih berhati-hati dalam membuang air kecil, terlebih bagi seorang lelaki. Jika memang terpaksa ingin kencing dalam sebuah rute perjalanan, maka carilah tempat yang memang aman untuk diri sendiri dan orang lain, tentunya juga jauh dari pandangan manusia. Sebab kencing di tempat orang lalu lalang adalah satu hal yang peru diwaspadai agar tidak menimbulkan laknat juga.

Itulah tiga perkara tentang kencing yang ternyata bisa menimbulkan laknat dari Allah SWT. Jadi, lebih berhati-hati lagi ya sobat muslim. Semoga bermanfaat, Wallahu a'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.