oleh

Wisata Edukasi Unik, Inilah 4 Wisata Aquarium Terbaik di Indonesia

PortalMadura.Com – Berwisata merupakan salah satu kegiatan yang sangat mengasyikkan saat liburan tiba. Dan kegiatan wisata seharusnya bisa bermanfaat dan memiliki konsep edukatif namun tetap menyenangkan. Hal ini tentu akan lebih menarik daripada hanya sekadar wisata yang ditujukan untuk bersenang-senang saja. Oleh itu Anda harus selektif mencari tempat wisata yang bisa memenuhi kebutuhan Anda tersebut.

Di Indonesia terdapat banyak sekali wisata edukasi yang unik dan menarik, salah satunya adalah wisata Aquarium yang di dalamnya terdapat koleksi hewan dan tumbuhan bawah lautnya pun sangat lengkap, mulai dari mainstream hingga langka. Dilansir dari tempatwisataunik.com, Rabu (9/6/2021) Berikut beberapa wisata aquarium di Indonesia yang bisa Anda kunjungi :

Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Wisata Aquarium ini berlokasi di Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas. Di sana, Anda bisa menikmati keindahan Planet Aquarium Toyoshuka. Wahana satu ini cocok banget buat Anda yang ingin melihat berbagai jenis ikan dengan akuarium yang tidak biasa. Pasalnya akuarium ini memiliki ukuran lebar 15 m, panjang 25 m dan tinggi 8 m.

Jakarta Aquarium

Terletak di Neo Soho Mall, Jakarta Aquarium menyajikan taman rekreasi dengan tema laut yang mana Anda bisa merasakan sensasi kebun binatang mini. Di sini, Anda tidak cuma melihat, tapi juga menyentuh beberapa binatang laut. Jenis ikan yang ada di sana antara lain Mandarin Fish, Pari Elang, Coconut Crab, Hiu Pari, Cardinal Banggai, dan lain-lain. Tentunya ada penguin penguin lucu yang jadi primadona di sana. Menariknya, di Jakarta Aquarium juga ada pertunjukkan dongeng bawah laut yang menggunakan teknik ilusi dan kemampuan hebat perenang profesional.

Seaworld Ancol

SeaWorld Ancol memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 Jenis ikan, 1 jenis reptil sampai biota perairan laut yang terdiri dari 11.500 ekor biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata serta tiga jenis reptil. Biota-biota tersebut ditampilkan dalam 28 display yang terbagi atas sembilan akuarium perairan tawar dan 19 akuarium serta empat kolam terbuka. Bagi kamu yang ingin berinteraksi dengan biota laut terdapat juga Kolam Sentuh. Tapi, jika ingin bertemu hewan laut dalam maka fasilitas museum yang berisi awetan hewan-hewan laut dalam menunggu disana, seperti Ikan Purba – Raja Laut (Coelacanth).

Akuarium Air Tawar (TMII)

Wisata aquarium di Indonesia berikunya ada di kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah, yaitu Akuarium Air Tawar Jakarta. Tempat wisata ini menawarkan wisata edukasi tentang ikan air tawar. Wisata ini adalah wisata akuarium air tawar terbesar di dunia. Koleksinya sudah mencapai ribuan satwa. Dan semua satwa didatangkan dari seluruh nusantara, bahkan dari mancanegara.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : tempatwisataunik.com

Komentar