oleh

Wow, Ternyata Belanja Online Mampu Sehatkan Otak

PortalMadura.Com – Otak juga perlu terus dilatih. Jika tidak, maka Anda bisa mengalami kepikunan dini. Ada banyak cara melatih kemampuan berpikir otak, salah satunya adalah dengan berbelanja.

Kini ada bukti baru bahwa berbelanja bisa dikategorikan sebagai latihan otak, khususnya jika aktivitas tersebut dilakukan di online shop.

Hal tersebut dibuktikan oleh Para ilmuwan dari Duke University, mereka menemukan bahwa orang lanjut usia atau lansia membutuhkan upaya ekstra dalam menggunakan otaknya saat berbelanja di online shop. Lebih khususnya, dalam menggunakan kemampuan mengingat.

Ketika kemampuan otak dalam mengingat-ingat sudah menurun, para lansia akan mengaktifkan area lain di otak. Ini terjadi saat mereka berbelanja dan melakukan perhitungan untuk mendapatkan harga paling ekonomis.

iklan hari santri

“Ini menunjukkan bahwa pada lansia sehat, meski memorinya sudah tidak bagus, mereka bisa menggunakan bagian otak lain yang biasanya tidak terpakai untuk fungsi tersebut,” kata sang peneliti, Nichole Lighthall.

Dengan menggunakan teknologi functional Magnetic Resonance Imaging (fMRI) para peneliti ini melihat aktivitas otak para lansia saat berbelanja di salah satu online shop terpopuler, yakni Amazon.

Terbukti, para lansia tidak kalah dibandingkan kaum muda dalam perburuan harga paling murah meski fungsi otaknya sudah lebih menurun. Rahasianya, para lansia mengaktifkan area lain yang disebut ventromedial prefrontal cortex (vmPFC). Ini terjadi saat otak butuh mengingat-ingat harga. (detik.com/Salimah)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.