oleh

Wujud Kebangkitan Kesenian Bangkalan, Sanggar Tarara Konsisten Garap Tiga Konsep Tarian (Part-2)

Sanggar Tarara Konsisten Garap Tiga Konsep Tarian, Andolenan Bahhong Beraura Mistis

PortalMadura.Com, Bangkalan – Wadah pembinaan tari yang dikelola Sudarsono bersama Dwi Kurniawan (Pa’ong) tak puas hanya dengan melatih. Kolaborasi keduanya telah melahirkan lima karya tari, masing-masing diberi nama Lengge’ (tari ciptaan pertama), Angklung Topeng, Andolenan Bahhong, Pasemoan Kerabhen Sape, serta tari kontemporer yang diberi nama Jiwa Bergetar. Koleksi ini masih ditambah tak kurang dari sepuluh ciptaan tari anak.

Manakala tari ciptaan tersebut akan dipentaskan atau dilombakan, Dwi Kurniawan dipercaya penuh sebagai pembuat kostum beserta aksesoris. Jika timbul ide menciptakan tari baru, Dwi Kurniawan juga yang menggali makna filosofinya untuk kemudian diterjemahkan Sudarsono menjadi rangkaian gerak tari.

Keduanya pernah terlibat penggarapan tari kolosal yang melibatkan 1.200 penari untuk upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XV tahun 2000 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur. Sebelum melatih 100 penari Bangkalan yang terlibat, keduanya mengikuti pelatihan koreografi di Padepokan Bagong Kussudiardjo. Selain penari, Bagong Kussudiardjo dikenal sebagai seorang koreografer, pelukis, juga aktor film.

Loading...

Koreografi itulah yang kemudian diajarkan pada 100 penari Bangkalan. Tujuh hari jelang pembukaan PON XV, barulah 1200 penari dikumpulkan di Sidoarjo untuk menjalani tahap persiapan final yang meliputi kekompakan gerak, konfigurasi, serta perpaduan gerak dengan musik.

Baca Juga : Sanggar Tarara, Wujud Kebangkitan Kesenian Bangkalan (Part-1)

“Jika ditotal, penggarapan tari kolosan tersebut memakan waktu sekitar tiga bulan. Bagi saya dan Pa’ong, kepercayaan itu sungguh sebuah kebanggaan. Ketika melihat hasilnya saat dipentaskan, saya merasakan kepuasaan tersendiri,” kenang Sudarsono.

Guna memperkaya …


Penulis : Agus Hidayat
Editor : Hartono

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar