Yuk, Intip 5 Cara Unik Untuk Hilangkan Komedo

Avatar of PortalMadura.com
Yuk, Intip 5 Cara Unik Untuk Hilangkan Komedo
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Seiring berkembangnya zaman tidak hanya tekonolgi yang semakin maju dalam dunia kcantikan. Namun, banyak cara, hack, serta unik dan ajaib yang bisa dicoba untuk mempercantik diri. Misalnya saja, merapikan bentuk alis dengan bantuan sendok, menggunakan selotip untuk menciptakan winged liner yang sempurna, facial dengan kotoran burung, hingga menggunakan plasenta untuk melawan tanda-tanda penuaan.

Selain hal tersebut, masih banyak cara unik lainnya yang cukup sering dilakukan orang-orang, salah satunya saat mengatasi .

Bila pada umumnya melenyapkan komedo dengan menggunakan pore pack atau alat ekstraksi, berikut lima cara unik untuk bersihkan komedo.

Kepompong
Sudah pernah mendengar cara unik yang satu ini? Meski terdengar aneh, ternyata cukup banyak juga yang menggunakan kepompong untuk mengatasi komedo.

Kepompong yang digunakan berasal dari ulat sutra yang mengandung natural protein sericin. Nah, kandungan protein ini dapat mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit pun jadi lebih lembut dan bebas komedo.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu merendam silk finger balls (kepompong yang digunakan untuk skin care) ke dalam air hangat hingga melunak. Setelahnya, masukkan jari ke dalam silk finger balls, kemudian pijat perlahan di area hidung atau area yang lainnya yang berkomedo.

Lem Kertas
Cara ini mulai populer sejak beberapa YouTuber menyebutkan lem kertas sebagai rahasia mereka untuk menghilangkan komedo. Untuk meminimalisir kemungkinan iritasi, lem yang biasanya digunakan adalah lem kertas khusus anak-anak yang berlabel non-toxic.

Cara menggunakannya, kompres area hidung dengan handuk hangat untuk membuka pori-pori. Kemudian, aplikasikan lem di area berkomedo. Tunggu hingga kering, kemudian kelupas lem secara perlahan untuk mengangkat komedo (lakukan sebagaimana biasanya Anda menggunakan pore pack).

Walaupun tidak terdapat bahaya signifikan dari metode ini, namun tentu masih banyak alternatif lainnya untuk mengatasi komedo yang lebih aman, misalnya saja dengan menggunakan chemical exfoliator.

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Ampuh Hilangkan Komedo

Baking Soda, Pasta Gigi, dan Sikat Gigi
Tips atau hacks untuk menghilangkan komedo ini sempat cukup populer melalui platform Pinterest. Pasalnya, cara ini membutuhkan bahan-bahan yang kemungkinan besar sudah tersedia di rumah yakni baking soda, pasta gigi, dan sikat gigi. Kalaupun tidak, Anda bisa mendapatkan ketiga bahan ini dengan harga yang sangat murah.
Caranya adalah dengan mencampurkan baking soda dan pasta gigi. Kemudian sikat lembut pada hidung atau area lain yang sebelumnya telah dikompres dengan air hangat. Di balik banyaknya ulasan positif mengenai cara ini, sebaiknya tetap mempertimbangkan untuk melakukan cara lainnya.

Pasalnya, kandungan baking soda dan pasta gigi (terutama pasta gigi dengan kandungan mint yang kuat) cenderung berpotensi mengiritasi kulit, apalagi jika Anda sendiri memiliki jenis kulit sensitif.

Plastic Wrap + Petroleum Jelly
Metode ini sempat viral karena unggahan video Fei Yang, seorang beauty vlogger yang menampilkan kesuksesan dirinya dalam membersihkan komedo di hidung menggunakan petroleum jelly dan plastic wrap. Dari video yang sudah ditonton lebih dari 1,5 juta kali tersebut, Fei Yang mengaplikasikan petroleum jelly cukup tebal di area hidungnya, melapisinya lagi dengan plastic wrap. Terakhir, ia pun menutupnya dengan handuk hangat.

Namun, Anda bisa mendiamkannya selama beberapa jam, atau membiarkannya semalaman seperti yang Fei Yang lakukan. Setelah ‘dikompres' dengan petroleum jelly dan plastic wrap, Fei Yang merasa komedonya meleleh, sehingga ia pun dapat mengekstraksinya dengan sangat mudah. Walaupun terlihat menjanjikan, nyatanya metode ini tidak direkomendasikan oleh para dermatolog karena petroleum jelly dapat menyumbat pori-pori dan malah memperparah komedo.

Bobby Pins
Anda punya bobby pins di rumah? Bila iya, ternyata bobby pins alias jepit rambut yang biasanya menyelamatkan tatanan rambut Anda juga bisa dimanfaatkan untuk mengekstraksi komedo, lho.

Bagian bobby pins yang akan digunakan adalah ujung belakangnya yang membulat. Bentuknya yang membulat dengan ruang di tengahnya membuat bobby pins dapat digunakan sebagai pengganti alat ekstraksi komedo, walau mungkin tidak bekerja seefektif alat ekstraksi yang sebenarnya.

Selain memastikan bobby pins dalam keadaan bersih, Anda juga sebaiknya mengompres area hidung terlebih dahulu agar komedo lebih mudah dikeluarkan. Jika tidak, komedo akan lebih susah untuk diesktraksi, sehingga penggunaan bobby pins malah berpotensi mengiritasi kulit di area hidung.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Semoga Bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.