Yuk, Intip Hidangan Buka Puasa Menu Rasulullah

Avatar of PortalMadura.com
Menu Buka Puasa Nabi
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ramadan merupakan bulan yang dinantikan oleh seluruh umat muslim didunia. Di bulan Ramadan biasanya orang akan memanfaatkannya dengan memperbaiki diri, menambah keimanan dan ketakwaan, bertaubat, dan beribadah sebanyak mungkin demi mendampatkan berkahnya Ramadan.

Jika dilihat dari sisi sosialnya, biasanya yang dirindukan dari Ramadan adalah kumpul keluarga saat berbuka , jalan-jalan ngabuburit dengan keluarga atau teman.

Biasanya saat berbuka orang-orang banyak yang kalap atau istilahnya balas dendam. Nah, agar buka puasa kita tidak kalap dan menjadikan kita malas bertarawih yuk intip menu hidangan buka puasa Rasulullah SAW.

Dalam sebuah hadis hasan riwayat Imam al-Tirmidzi disebutkan bahwa Nabi berbuka dengan beberapa butir kurma dan beberapa teguk air putih (Zamzam). Namun apakah anjuran tersebut bersifat mutlak dan mengikat, dalam artian orang yang berbuka dengan selainnya tidak dianggap mengikuti sunah beliau?

Jawabannya adalah tidak. Imam al-Mubarakfuri dalam penjelasannya terhadap hadis tersebut menyatakan bahwa alasan Nabi berbuka dengan kurma dan air putih itu adalah karena kurma mempunyai rasa manis dan berbuka dengan makanan yang manis dapat menguatkan penglihatan (mata) yang barangkali sudah mulai redup karena seharian berpuasa.

Sehingga, berbuka dengan makanan manis apapun sesuai dengan tradisi di daerah masing-masing seperti di Minangkabau misalnya dengan kolak pisang, lapek bugih (kue bugis), bubur kampiun, dan sejenisnya, adalah boleh-boleh saja. Hadis di atas pada dasarnya tergolong sebagai sunah yang tidak mesti diikuti oleh semua umat, karena menu makanan sangat identik dengan rasa dan tradisi masing-masing daerah.

Nah, itulah menu sederhana yang biasa jadi hidangan . Jadi kesimpulan yang dapat kita tarik adalah, berbuka lah dengan yang manis-manis, tidak usah kalap dan balas dendam. Karena hal tersebut merupaka godaan setan yang nantinya akan membuat kita merasa ngantuk dan malas untuk melaksanakan salat maghrib dan tarawih. Semoga bermanfaat, Wallahu a'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.