Yuk Jaga Kesehatan Mental Anda dengan Perencanaan Keuangan Ini

Avatar of PortalMadura.com
Rewriter: Putri KuzaifahRujukan: Idntimes.com
Yuk-Jaga-Kesehatan-Mental-Anda-dengan-Perencanaan-Keuangan-Ini
Ilustrasi (lifepal.co.id)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Menjaga kesehatan mental sangatlah penting dipertahankan. Apalagi bagi ibu-ibu di rumah yang kesehariannya hanya berurusan dengan dapur dan anak. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental, salah satunya dalam hal pengaturan keuangan.

Sebab, pengelolaan keuangan yang tidak baik bisa mengakibatkan stres, akibatnya mengganggu kesehatan mental. Kondisi ini sudah banyak terjadi, bahkan hampir dialami banyak orang. Lantas, bagaimana caranya mengatur keuangan agar tidak mengganggu kesehatan mental?.

Dilansir PortalMadura.Com, Rabu (27/4/2022) dari laman Idntimes.com, berikut caranya:

Bayar Tagihan Bulanan Tepat Waktu

Dikutip dari situs resmi Bank Jago, membayar tagihan bulanan tepat waktu dapat membantu menjaga kesehatan mental. Mengapa demikian? Sebab, dengan membayar iuran tepat waktu, Anda akan terhindari dari denda atau pemutusan layanan sementara.

Tidak hanya itu, hidup juga akan lebih tenang apabila semua kewajiban sudah terpenuhi. Anda bisa memanfaatkan berbagai teknologi untuk memastikan pembayaran iuran bulanan tepat waktu.

Baca Juga:  Hore!! Gaji ke-13 Cair Hari Ini, Cara Pencairan & Nominalnya

Memiliki Dana Darurat

Dana darurat sangatlah penting bagi orang dewasa. Idealnya, besaran dana darurat mencapai 3-6 kali upah atau gaji bulanan bagi seseorang yang masih lajang. Sementara untuk mereka yang sudah mempunyai keluarga, besar dana darurat yang ideal adalah 6-12 kali gaji.

Dengan memiliki dana darurat, Anda bisa menghadapi keadaan mendesak dengan tenang. Anda tidak akan panik lagi saat menghadapi keadaan tidak terduga yang menghabiskan biaya yang cukup besar.

Tetapkan Anggaran untuk Setiap Kebutuhan

Menetapkan anggaran atau budgeting untuk setiap kebutuhan akan sangat bermanfaat bagi kebutuhan sehari-hari. Sebab, Anda akan mengetahui kebutuhan sehari-hari atau bulanan, dan bisa menyisihkan uang lebih awal.

Misalnya, anggaran untuk transportasi ke kantor setiap hari, anggaran untuk makan bulanan, anggaran untuk membayar cicilan, dan sebagainya. Jika sudah dianggarkan, Anda bisa memisahkan dananya, sehingga tidak tercampur.

Baca Juga:  Harga Emas Hari Ini di Pegadaian, Senin 04 Juli 2022

Pantau Pengeluaran dengan Konsisten

Memantau pengeluaran dengan konsisten juga bisa menjaga kesehatan mental. Sebab, dengan memantau pengeluaran secara konsisten, Anda akan tahu kapan harus berhenti menghabiskan uang saat dana untuk belanja sudah mencapai batas atau limit.

Dengan demikian, Anda akan terhindari dari rasa terkejut saat melihat saldo rekening Anda menipis, karena tidak memantau pengeluaran sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.