13 Sifat Malaikat yang Perlu Umat Muslim Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
13 Sifat Malaikat yang Perlu Umat Muslim Ketahui
Ilustrasi (www.kabarbanyuangi.info)

PortalMadura.Com – Allah SWT menciptakan malaikat dari nur atau cahaya. Dalam Alquran atau hadis tidak disebutkan dengan jelas berapa jumlah malaikat. Hany saja ada 10 malaikat yang wajib diyakini oleh umat muslim.

Bahkan mengimani para malaikat merupakan salah satu . Ada beberapa yang sangat berbeda dengan manusia. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut penjelasannya:

Tidak Menyombongkan Diri

Berbeda dengan manusia dan jin yang kerap dihinggapi rasa sombong dan ujub, malaikat meski memiliki keistimewaan tidak pernah menyombongkan diri.

Firman Allah SWT: “Dan kepada Allah sajalah bersujud segala apa yang berada di langit dan semua makhluk yang melata di bumi dan (juga) para malaikat, sedang mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri.” (QS: Surat An Nahl: 49)

Takut dan Selalu Mematuhi Perintah Allah

Malaikat sangat takut jika tidak segera menjalankan tugas dan perintah Allah SWT.

Mereka pun selalui mematuhi apa yang telah ditugaskan sebagai makhluk.

Firman Allah SWT: Mereka takut kepada Rabb mereka yang berkuasa atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka). (QS: An Nahl: 50)

Hamba Allah yang Dimuliakan

Para malaikat itu adalah hamba-hamba Allah yang dimuliakan di sisi-Nya pada kedudukan dan derajat yang tinggi, dan mereka sangat taat kepada-Nya, baik secara ucapan maupun perbuatan.

Firman Allah SWT: “Dan mereka berkata:”Yang Maha Pemurah telah mengambil (mempunyai) anak,” Maha Suci Allah. Sebenarnya(malaikat-malaikat itu) adalah hamba-hamba yang dimulyakan. (QS. Surat Al Anbiya: 26)

Tidak Pernah Membantah

Malaikat tidak pernah mengucapkan kata-kata di hadapanNya dan mereka tidak pernah menentang apa yang diperintahkan kepada mereka, bahkan mereka bersegera mengerjakannya.

Mereka itu tidak mendahuluiNya dengan perkatan dan mereka mengerjakan perintah-perintahNya. (QS. Al Anbiya: 27)

Tidak Pernah Durhaka

Apa pun yang diperintahkan oleh Allah kepada mereka, maka para malaikat, mereka segera mengerjakannya tanpa terlambat barang sekejap pun, dan mereka memiliki kemampuan untuk mengerjakannya: tugas apa pun yang dibebankan kepada mereka, mereka tidak mempunyai kelemahan.

Firman Allah Swt : ‘yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkanNya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan'. (At-Tahrim: 6)

Selalu Bertasbih

Berbeda dengan manusia yang kerap lalai jika mendapat kenikmatan, para malaikat selalu memuji TuhanNya siang dan malam tak pernah berhenti.

Dan sesungguhnya kami benar-benar bertasbih (kepada Allah).(QS: As Shafat: 166)

Dalam surat lain disebutkan: Ingatlah ketika Rabb-Mu berfirman kepada para Malaikat:”Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”.
Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau”.
Rabb berfirman:”Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”. (QS. Surat Al Baqarah: 30)

Tidak Suka Bau Anjing dan Patung

Dari Abu Thalhah radliallahu anhum dia berkata; Rasulullah bersabda: “Malaikat tidak akan masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan patung.” (HR. Bukhari) No. 5493. Shahih.

Tidak makan dan Minum

Tidak seperti manusia, malaikat tidak diberi nafsu makan dan minum.

Firman Allah Swt.: Maka tatkala dilihatnya tangan mereka tidak menjamahnya, Ibrahim memandang aneh perbuatan mereka, dan merasa takut terhadap mereka. Malaikat itu berkata, “Jangan kamu takut, sesungguhnya kami adalah (malaikat-malaikat) yang diutus kepada kaum Lut.” Dan istrinya berdiri (di balik tirai), lalu dia tersenyum. (Surat Hud: 70-71)

Mampu Berubah Wujud

Malaikat mampu mengubah wujud mereka menjadi beragam bentuk. Ada kalanya menyerupai manusia maupun kuda.

Firman Allah: Maka ia mengadakan tabir (yang malindunginya) dari mereka, lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna.” (QS. Surat Maryam: 17)

Firman Allah SWT: Ya (cukup), jika kamu bersabar dan bertaqwa dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu malaikat yang memakai tanda. (QS. Surat Ali Imran: 125)

Abu Hurairah mengatakan mereka (malaikat) memakai tanda bulu berwarna merah. Menurut Mujahid, makna firman-Nya: yang memakai tanda. (Ali Imran: 125), Yakni rambut kuda mereka dibuang, dan diberi tanda pada ekornya dengan kain bulu, juga pada ubun-ubun kuda.

Mengajak Kebaikan dan Melarang Berbuat Maksiat

Berbeda dengan setan yang suka mengajak keburukan dan kesesatan, para malaikat selalu mengajak manusia kepada kebaikan.

Firman Allah SWT: dan demi (rombongan) yang melarang dengan sebenar-benarnya (dari perbuatan maksiat). (Ash-Shaffat: 2)

Bahwa para malaikat tersebut adalah yang ditugaskan untuk menggiring awan (hujan). Ar-Rabi ibnu Anas mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya: dan demi (rombongan) yang melarang dengan sebenar-benarnya. (Ash-Shaffat: 2) Yakni hal-hal yang dilarang oleh Allah Swt.

Memberi Peringatan

Firman Allah Swt.: dan demi (rombongan) yang membacakan pelajaran. (Ash-Shaffat: 3)

Para malaikat datang dengan membawa kitab dan Al-Quran dari sisi Allah kepada manusia. Ayat ini semakna dengan firman-Nya: dan (malaikat-malaikat) yang menyampaikan wahyu, untuk menolak alasan-alasan atau memberi peringatan. (Al-Mursalat: 5-6) .

Selalu Merapatkan Barisan

Para malaikat selalu berbaris dan merapatkan barisan dalam menghadap Tuhan.

Dan sesungguhnya kami benar-benar bershaf-shaf (dalam menunaikan perintah Allah)'. (QS. Ash Shaffat: 165)

Rasulullah Saw. pernah bersabda: Kami diberi keutamaan di atas umat (lainnya) dengan tiga perkara; saf-saf kami dijadikan seperti saf-saf para malaikat; dan bumi ini dijadikan bagi kami masjid (tempat bersujud); dan tanahnya suci lagi menyucikan

Tidak Berjenis Kelamin

Tidak seperti manusia, jin dan setan, para malaikat tidak berjenis kelamin.

Dan kalau Kami jadikan rasul itu (dari) malaikat, tentulah Kami jadikan dia berupa laki-laki dan (jika Kami jadikan dia berupa laki-laki), Kami pun akan jadikan mereka tetap ragu sebagaimana kini mereka ragu. (QS. Surat Al An'am: 9)

Wallahu A'lam Bishawab.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.