oleh

197 Keracunan, Pemkab Sampang Nyatakan KLB

PortalMadura.Com, Sampang – Pemerintah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) terhadap keracunan massal yang terjadi di Desa Banjar Billah, Kecamatan Tambelangan.

Humas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sampang, Farid Bil Fagih, mengatakan, penetapan status KLB dilakukan setelah melihat banyaknya korban yang mengalami keracunan.

“Korbannya sangat banyak. Jadi, kita tetapkan sebagai KLB. Tapi untuk surat resmi dari bapak bupati masih dalam proses. Kita dahulukan keselamatan pasien,” katanya, Jum’at (15/5/2015).

Korban keracunan yang telah terdata oleh Dinkes melalui Puskesmas setempat terdapat 197 pasien yang mengalami keracunan akibat mengkonsumsi makanan.

“Korban yang terdata ada 197 orang. Sebagian ada yang rawat jalan dan rawat inap,” jelasnya.

Dengan penetapan status KLB, pihaknya menjamin seluruh biaya pengobatan bagi korban keracunan akan ditanggung oleh pemerintah alias digratiskan.

“Jadi tidak ada pungutan biaya, karena sudah berstatus KLB,” tegasnya.

Sampai saat ini, masih ada korban keracunan yang menjalani perawatan dibeberapa tempat, diantaranya RSUD Sampang, Puskesmas Tambelangan dan Puskesmas Jrengik serta Puskesmas Blega, Bangkalan.(lora/har)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.