oleh

2 Jenis Kebaikan yang Ada di Dunia

PortalMadura.Com – Dalam kehidupan di dunia ini, ada banyak tindakan-tindakan kecil yang sarat akan kebaikan. Walaupun tidak disadari, terkadang kebaikan kecil itu bisa membuat orang lain merasa senang sehingga membekas di hatinya.

Tidak jarang juga kebaikan itu dibalas dengan keburukan sehingga memberikan kesan mendalam. Maksudnya, dalam kehidupan sehari-hari sering ditemui kejadian di mana ada yang pernah melakukan suatu kebaikan kepada orang lain, namun orang tersebut malah berbuat buruk kepada Anda.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Kapal Karam dan Dua Kerangka Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Sar Polda Jatim

Bukannya mengharapkan kebaikan yang setimpal, tapi setiap orang yang mengalaminya pasti akan merasa sedih, sakit hati, marah atau malah biasa saja saat mendapat perlakuan seperti itu.

Berbicara tentang kebaikan, ada hal yang perlu Anda pahami terlebih dahulu mengenai hal tersebut. Kebaikan itu dibagi menjadi dua macam. Pertama, kebaikan yang dilakukan semata-mata untuk mendapatkan rida Allah SWT. Dan yang kedua, kebaikan itu dilakukan untuk mendapat keridaan manusia.

Ketika kebaikan yang dilakukan demi mendapatkan keridaan Allah SWT tentunya akan mendapatkan pahala, bisa sampai sepuluh kali lipat dari biasanya.

Tetapi, kebaikan yang dilakukan untuk mendapatkan keridaan manusia, misalnya karena ingin mendapatkan uang, atau yang bersangkutan dengan hal duniawi tidak ada sangkut pautnya dengan urusan akhirat atau mencari Rida dari Allah SWT, maka balasan yang akan Anda dapatkan tentu saja dari manusia juga.

Sebagaimana Allah SWT berfirman,

…Sesungguhnya manusia itu sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah)” (QS Ibrahim: 34).

…Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh” (QS Al-Ahzab: 72).

Perlu Anda ketahui, sesuatu yang diperuntukkan memperoleh keridaan manusia maka tidak akan dapat balasan dari Allah SWT. Balasan dari manusia adalah ukuran manusia itu sendiri, balasannya adalah akhlak dan manusia yang bersangkutan.

Terkadang Anda melihat manusia yang memperoleh kenikmatan dari Allah dengan rezeki yang banyak, keselamatan dan kesuksesan-kesuksesan, ia mengingkari Allah SWT.

Apalagi orang itu berhadapan dengan manusia. Bisa saja ia lupa akan budi pekerti yang baik dan membalas kebaikan orang lain dengan keburukan dan kejahatan.

Baca Juga : Masya Allah, Inilah Kebaikan Tak Terduga Jika Menyayangi Kucing

Oleh karena itu, seharusnya Anda selalu ingat bahwa apa yang Anda lakukan harus semata-mata karena mencari Rida Allah SWT. Karena Allah SWT tidak akan pernah mengecewakan hamba-Nya.

Sebab, apabila Anda menggantungkan harapan kepada manusia maka yang akan Anda dapatkan hanya kekecewaan. Bisa jadi Anda hanya akan menggerutu dan kesal lantaran kebaikan Anda disia-siakan. Padahal, perilaku ini tidaklah baik bagi diri Anda sendiri.

Demikian penjelasan mengenai jenis kebaikan yang perlu Anda ketahui. Intinya, lakukanlah kebaikan semata-mata hanya untuk mendapatkan keridaan Allah agar kehidupan Anda lebih nyaman. Wallahu A’lam.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar