oleh

2019, Target Produksi Garam Capai 450 Ribu Ton

PortalMadura.Com, Sumenep – Target produksi garam di PT Garam (Persero) pada musim produksi tahun 2019 mencapai 450 ribu ton. Hal itu dinilai rasional, karena diprediksi musim produksi tahun ini lebih bagus dibanding tahun lalu.

“Target produksi garam tahun ini lebih tinggi dibanding tahun lalu yang hanya sekitar 300 ribu ton,” kata Direktur Utama PT Garam, Budi Sasongko, Senin (8/4/2019).

Menurutnya, sesuai informasi dari BMKG, musim kemarau tahun 2019 lebih panjang dibanding tahun lalu sehingga musim produksi garam juga akan lebih panjang dan target produksi tersebut akan tercapai bahkan bisa melampauinya.

“Semoga pada bulan Mei ini lahan sudah kering sehingga kami bisa berproduksi garam. Saat ini petugas di lapangan mulai melepas air tua atau air sudah masuk ke lahan pegaraman dan siap di produksi,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menegaskan, pada tahun lalu, target produksi garam di PT Garam sebanyak 300 ribu ton dan pada akhir masa produksinya terealisasi 325 ribu ton lebih. Selain musim kemarau diprediksi akan lebih baik tahun ini, realisasi produksi tahun lalu yang melampaui target menjadi referensi untuk menaikkan target.

“Kami optimis realisasi produksi garam tahun ini akan lebih maksimal dibanding tahun lalu,” tukasnya.

Baca Juga : Gagal ke Final, Pelatih Madura United Liburkan Pemainnya

PT Garam (Persero) memiliki luas lahan sekitar 5.600 hektare. Lahan tersebut tersebar di Sumenep, Pamekasan, dan Sampang, serta di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Dari 5.600 hektare itu yang dimanfaatkan untuk produksi garam seluas 4.500 hektare. Sedangkan sisanya berupa fasilitas pendukung, seperti kantor, gudang, dan jalan.


Penulis : Samsul Arifin
Editor : Putri Kuzaifah

Komentar